Panwaslih Bongkar Baliho Jokowi

- Administrator

Sabtu, 2 Maret 2019

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BIREUEN|METRO ACEH-Sikap tegas atas pelanggaran aturan pemilu, diperlihatkan oleh panitia pengawas pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Bireuen, karena berani nekat mencopot baliho kandidat Presiden RI Joko Widodo dan Ma’aruf Amin, yang dipasang di kawasan terlarang, Sabtu (2/3).

Meski diketahui, paslon ini merupakan kandidat petahana yang notabene masih menjabat sebagai Presiden RI. Namun, tak menyurutkan semangat Panwaslih setempat, untuk menertibkan alat peraga kampanye (APK) dalam bentuk baliho Jokowi-Ma’aruf. Sehingga, lembaga itu tidak tebang pilih, terhadap setiap pelaku pelanggaran aturan pemilu.

Baliho Jokowi-Ma’aruf Amin beberapa jam sebelum dibongkar, foto diambil Sabtu (2/3) dini hari.

Informasi yang diperoleh Metro Aceh menyebutkan, Panwaslih Kabupaten Bireuen bersama Satpol PP diback up personil kepolisian setempat, menurunkan baliho Jokowi-Ma’aruf berukuran 5 X 10 meter, yang dipajang di ruas jalan negara. Puluhan petugas dari beberapa institusi ini, menurunkan alat peraga kampanye capres No urut 01 itu, karena dianggap melanggar aturan kampanye.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam penertiban alat peraga kampanye (APK) tersebut, Panwas turut mencopot lima lembar baliho Jokowi-Amin lainnya yang berukuran 2 X 2 meter, karena dipasang pada titik lokasi terlarang, sepanjang ruas jalan protokol di Kota Bireuen. Termasuk, sejumlah baliho PDA dan Partai Demokrat.

Selain itu, tiga lembar spanduk milik PKS, Golkar dan PPP juga tidak luput dari tindakan penertiban tersebut. Serta 19 lembar banner PKB, Golkar, PAN, Partai Demokrat, PA, PNA dan PBB turut dibersihkan bersama 46 bendera parpol nasional dan partai lokal, karena dinilai melanggar aturan.

Komisioner Panwaslih, Desi Safnita M.Sos kepada Metro Aceh menuturkan, karena pihaknya sudah menegur tim kampanye Jokowi-Ma’aruf, serta partai yang dinilai melanggar itu. Namun, tidak diindahkan maka dengan terpaksa harus ditertibkan sesuai ketentuan.

Baliho Jokowi-Ma’aruf di jalan protokol Kota Bireuen, kawasan Desa Simpang Pulo Ara Geudong Teungoh, Kecamatan Kota Juang dibongkar petugas, Sabtu (2/3).

“Kami sudah menyurati tim pemenangan dan parpol, yang memasang APK pada kawasan terlarang. Supaya membongkar atribut mereka, tapi karena tidak ditanggapi, maka hari ini kami tertibkan,” jelasnya.

Dia mengaku, dalam melaksanakan tugas Panwaslih selalu mengacu kepada aturan dan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga, tidak mungkin kondisi ini tidak disikapi, ataupun dibiarkan terus terjadi. Desi Safnita mengingatkan, agar seluruh kontestan pemilu, baik parpol maupun caleg serta tim kampanye capres, agar senantiasa menaati aturan demi terlaksananya pesta demokrasi yang jujur dan adil.

Pada kegiatan tersebut, turut diikuti oleh Komisioner KIP Bireuen, Polres, Kodim, Kesbangpol, Satpol PP, Panwascam Kota Juang, serta pengamanan tertutup dari Sat Intelkam Polres Bireuen.(Bahrul)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Tokoh Bireuen Siap Dukung H Mukhlis
Kontraktor dan Pengusaha Muda Deklarasi Dukung H Mukhlis
DPW PPP Aceh Buka Pendaftaran Bacalon Peserta Pilkada
Respon Informasi Tik Tok H Mukhlis Bantu Warga Kutablang
H Mukhlis Ajak Warga Rawat Persaudaraan
H Mukhlis Siap Wujudkan Harapan Rakyat
Nasir Jamil Siap Bertarung di Pilkada Aceh
Syahrizal Caleg PKS Dipastikan Lolos

Berita Terkait

Minggu, 14 Juli 2024 - 00:56 WIB

Tokoh Bireuen Siap Dukung H Mukhlis

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:53 WIB

Kontraktor dan Pengusaha Muda Deklarasi Dukung H Mukhlis

Senin, 13 Mei 2024 - 15:11 WIB

DPW PPP Aceh Buka Pendaftaran Bacalon Peserta Pilkada

Sabtu, 27 April 2024 - 02:38 WIB

Respon Informasi Tik Tok H Mukhlis Bantu Warga Kutablang

Senin, 15 April 2024 - 23:11 WIB

H Mukhlis Ajak Warga Rawat Persaudaraan

Berita Terbaru

Tersangka AZ, Sekdes salah satu gampong di Peusangan, saat di ruang identifikasi Satres Narkoba Polres Bireuen

HUKUM & KRIMINAL

Sekdes Jadi Pengedar Sabu

Rabu, 17 Jul 2024 - 12:24 WIB

Sejumlah tokoh memberi dukungan kepada H Mukhlis ST sebagai calon Bupati Bireuen 2024-2029

POLITIK

Tokoh Bireuen Siap Dukung H Mukhlis

Minggu, 14 Jul 2024 - 00:56 WIB

PERISTIWA

Wartawan Karo Diduga Dibakar Oknum Aparat

Selasa, 2 Jul 2024 - 14:09 WIB