oleh

Pencuri Uang Kotak Amal Diciduk Polisi

-PERISTIWA-52 Dilihat

SIGLI|METROACEH-Aparat kepolisian Sektor Geumpang, Kabupaten Pidie berhasil meringkus pembobol kotak amal di Mesjid Syuhada, serta mengamankan uang tunai hasil curian berjumlah ratusan ribu rupiah. Demikian keterangan Kapolsek Geumpang, Iptu Agustiar yang disampaikan, Senin (1/10).

Menurutnya, peristiwa pencurian itu terjadi Jum’at pekan lalu. Pelaku yakni Nawi alias As (35) warga Desa Bangkeh yang diduga kerap melakukan aksi serupa. Menurut dia, tersangka selama ini memang sudah diincar warga akibat sering mencuri uang infak, di mesjid di daerah itu.

Agustiar menjelaskan, pelaku menjarah uang dari kotak amal Mesjid Syuhada, sekitat pukul 22.00 wib dengan cara memecahkan gembok menggunakan martil. Lalu, dia membawa kabur seluruh infak jemaah yang disimpan dalam kotak itu, selanjutnya gembok dipasang kembali guna mengelabui warga, seolah-olah tidak ada kejadian.

Pencuri Kotak Amal
Tersangka pembobol kotak amal mesjid Syuhada, Kecamatan Gelimpang diringkus polisi

Mendapat laporan masyarakat terkait aksi kriminalitas ini, petugas lantas menjemput tersangka ke rumahnya untuk dimintai keterangan. Menurut Agustiar, warga tak curiga kepada pelaku karena selama ini Nawi rajin shalat di di mesjid itu, bahkan sering jadi muazzin saat memasuki waktu shalat fardhu.

“Dari tangan tersangka kami mengamankan uang Rp 721 ribu yang diduga barang bukti tindak kejahatan ini,” sebut Agustiar.

Disebutkannya, atas perbuatan itu pelaku dijerat pasal 362 jo 363 KUHPidana. Modus tersangka menjarah kotak amal saat sedang sepi,”Dia dan barang bukti sudah kami amankan, guna proses penyidikan lebih lanjut,” jelas Agustiar kepada wartawan (MA 13)

Komentar

News Feed