Lagi, Dinsos Bireuen Ciduk Gepeng

- Administrator

Sabtu, 1 Desember 2018

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BIREUEN|METRO ACEH-Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bireuen, kembali menciduk enam gembel dan pengemis dalam razia di kawasan Simpang Empat Kota Bireuen, Sabtu (1/12).

Informasi yang diperoleh Metro Aceh, enam gepeng itu yakni Nursiah (51) warga Desa Matang Kumbang, Kecamatan Baktiya, Aceh Utara, Amir Abidin (53) warga Kuta Glumpang, Kecamatan Samudra, Aceh Utara.

Kadis Sosial, Drs Murdani memberi arahan kepada para gepeng yang terjaring razia saat diamankan di Meuligoe Bupati Bireuen, Sabtu (1/12)

Muhammad Syam (65) warga Deah Pangwa, Kecamatan Trienggadeng, Pidie Jaya, Marzuki Yahya (59) Matang Nibong, Kecamatan Jeunib, Razulli (45) dan isterinya Ti Hawa (45) warga Cot Puuk, Kecamatan Gandapura.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Setelah didata dan menandatangani pernyataan, untuk tidak mengulangi aksi mengemis, seluruh gepeng itu akhirnya dikembalikan ke daerah masing-masing, oleh petugas dari Dinsos Bireuen.

Kadis Sosial, Drs Murdani saat memberi arahan kepada para penyandang masalah sosial ini, mengaku pihaknya akan berusaha membantu modal usaha bagi para pengemis asal Kabupaten Bireuen yang terjaring dalam razia, selama kurun waktu tahun 2018.

“Kami segera mengupayakan modal usaha, untuk membantu pemberdayaan ekonomi warga kurang mampu ini. Agar tidak lagi mengemis, dan dapat hidup mandiri,” sebut Murdani seraya mengaku bantuan itu direalisasi pada anggaran 2019.

Namun menurut dia, semua dilakukan sesuai mekanisme dan aturan. Setelah tim Dinsos mensurvei kelayakan setiap sasaran penerima bantuan, serta dengan mempertimbangkan jenis bidang usaha yang sesuai keahlian masing-masing.

Murdani menyatakan, pihaknya memiliki komitmen kuat untuk memberantas pengemis di wilayah itu. Demi ketertiban dan kenyamanan masyarakat, tetapi juga harus dilakukan secara manusiawi, agar warga kurang mampu itu menyadari, jika mengemis itu bukan pekerjaan yang baik.

“Bagi warga luar Kabupaten Bireuen kami kembalikan ke daerahnya, tapi warga kita ya tetap harus diperhatikan, supaya tidak mengemis lagi. Tapi, bisa berkarya dengan bantuan modal usaha yang diberikan pemerintaj daerah,” jelasnya. (Ery)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Pasang Jerat Babi Warga Tewas Kesetrum
Warga Jaba Tewas dan Ditanam di Hutan
Dua Pengendara Tewas di Jalan Raya
Listrik Dua Jam Padam Total
Rumah Warga Miskin Ludes Terbakar
Siswa SMKN I Jeumpa Ditubruk Pick Up
Pemuda Krueng Juli Timu Ditemukan Tewas
Pulang Shalat Jum’at, Dua Pemuda Meninggal Dunia

Berita Terkait

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:38 WIB

Pasang Jerat Babi Warga Tewas Kesetrum

Jumat, 20 Oktober 2023 - 19:04 WIB

Warga Jaba Tewas dan Ditanam di Hutan

Kamis, 14 September 2023 - 17:19 WIB

Dua Pengendara Tewas di Jalan Raya

Jumat, 21 Juli 2023 - 23:30 WIB

Listrik Dua Jam Padam Total

Rabu, 14 Juni 2023 - 22:07 WIB

Rumah Warga Miskin Ludes Terbakar

Jumat, 2 Juni 2023 - 18:47 WIB

Siswa SMKN I Jeumpa Ditubruk Pick Up

Kamis, 25 Mei 2023 - 18:36 WIB

Pemuda Krueng Juli Timu Ditemukan Tewas

Jumat, 23 Desember 2022 - 16:51 WIB

Pulang Shalat Jum’at, Dua Pemuda Meninggal Dunia

Berita Terbaru

H Mukhlis menyembelih hewan Qurban yang disumbangkan kepada warga di sekitar lokasi kegiatan PT Takabeya Perkasa Grup, Senin (17/6.)

NANGGROE

H Mukhlis Sembelih Sejumlah Hewan Qurban

Senin, 17 Jun 2024 - 18:28 WIB

Ketua DPRK Sabang memberikan Rekomendasi DPRK Sabang Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Sabang (Dok.Humas DPRK Sabang)

SABANG

DPRK Sabang Sampaikan Rekomendasi LKPJ

Senin, 27 Mei 2024 - 20:31 WIB

ADVERTORIAL

Raih WTP, Pengelolaan Keuangan Dinilai Profesional

Minggu, 26 Mei 2024 - 10:58 WIB

Berbagai kendaraan mobil pick up dihiasi dengan berbagai bentuk kubah mengikuti lomba pawai takbir mewakili gampongĀ masing-masing

ADVERTORIAL

Lebaran Idul Fitri Warga Sabang Rayakan Hari Kemenangan

Minggu, 26 Mei 2024 - 10:47 WIB