Kendalikan Inflasi, Sabang Galakkan Gerakan Tanam Pangan Cepat Panen

- Administrator

Jumat, 15 September 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pj Walikota Sabang, Reza Fahlevi panen bawang

Pj Walikota Sabang, Reza Fahlevi panen bawang

SABANG|METRO ACEH-Program Gerakan Tanam Pangan Cepat Panen merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Sabang mengendalikan inflasi di Pulau Weh. Bersama petani dan didampingi Dinas Pertanian dan Pangan, Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi memanen bawang merah di salah satu lahan milik petani yaitu Bukhari, yang berlokasi di Beurawang Jaboi, Kamis (14/9).

Salah satu kebutuhan pokok yang memang mempengaruhi inflasi itu bawang, jadi kita terus melakukan upaya-upaya pengendalian inflasi dengan cara menanam tanaman-tanaman yang cepat panen. Alhamdulillah, hasil panen tadi rata-rata bagus,” kata Reza Fahlevi.

Menurut Pj Wali Kota Sabang, Program Gerakan Tanam Pangan Cepat Panen yang salah satunya bawang ini, salah satu langkah cepat dalam rangka pengendalian pangan guna mengendalikan dampak inflasi di Kota Sabang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Turut dijelaskan, kegiatan ini selain menekan laju inflasi, juga sebagai upaya membangkitkan pangan nasional sesuai amanat pemerintah pusat. Ini juga sekaligus menjadi media edukasi para petani agar mampu mengelola pangan pokok cepat panen, dengan tujuan meningkatkan ekonomi masyarakat petani Kota Sabang.

“Kita melakukan panen bawang supaya harga-harga ini bisa relatif stabil dan tidak hanya bergantung pasokan dari luar. Sabang punya lahan yang cukup untuk bawang dan cabai. Selain itu, bawang ini juga menjadi salah satu program dari Dinas Pertanian Dan Pangan Kota Sabang untuk meningkatkan ketahanan pangan,” tambahnya.

Reza juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Sabang, yang begitu aktif dan bekerjasama dalam segala hal termasuk menjaga ketahanan pangan melalui pertanian yang didukung pemerintah daerah.

Ini tentunya sebagai gerakan bersama dalam upaya menekan laju inflasi, setidaknya kegiatan ini dapat meringankan beban perekonomian dan juga mendukung gerakan ketahanan pangan di Kota Sabang,” Ujarnya.

Sementara itu, pemilik lahan kebun bawang merah Tgk Bukhari turut berterimakasih atas kerja keras Pemerintah Kota Sabang, yang telah berupaya menekan inflasi dan menjaga ketersediaan pasokan pangan. Sehingga harga bahan pokok terjangkau dan perekonomian rakyat meningkat.

“Kami masyarakat Gampong Beurawang mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Pemko Sabang, atas arahan Dinas Pertanian Kota Sabang yang bersinergi dengan baik sehingga, hasil dari kerjasama ini dapat kita rasakan,” kata Tgk Bukhari.

Dia menjelaskan, pada awalnya Ia mendapat bantuan bibit dari Dinas Pertanian Kota Sabang sebanyak 100 kilogram, dengan hasil panen sekitar 600 kilogram dalam jangka waktu 2 bulan 10 hari. Untuk penanamannya, lahan setengah hektar cukup untuk menampung 100 kilogram bibit bawang.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang, Fakri menambahkan adapun bantuan yang diberikan kepada petani berupa bibit dan pupuk, juga panduan serta penyuluhan bagi petani. Bibit bawang merah yang diberikan kepada petani juga termasuk bibit terbaik, sehingga diharapkan menghasilkan panen yang sangat baik pula.(red)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Pemko Sabang Sosialisasi Pembentukan PPID Gampong
PPID Kota Sabang Harus Lebih Baik
4 Ton Sampah Dikumpulkan Saat DLHK Sabang Bersihkan Pantai Sumur Tiga
Sambut Hari Lahir Pancasila, Pemko Sabang Bagi Bendera
Pemko Sabang Nilai Pemerintah Desa Memenuhi Standar
Pemko Sabang Ajak Nelayan Lestarikan Laut
Sekdako Tegaskan Pemerintah Kota Sabang Harus Bebas Korupsi
Upacara Harkitnas ke 116 Berlangsung Khidmat

Berita Terkait

Jumat, 28 Juni 2024 - 23:54 WIB

Pemko Sabang Sosialisasi Pembentukan PPID Gampong

Jumat, 28 Juni 2024 - 23:52 WIB

PPID Kota Sabang Harus Lebih Baik

Jumat, 28 Juni 2024 - 23:50 WIB

4 Ton Sampah Dikumpulkan Saat DLHK Sabang Bersihkan Pantai Sumur Tiga

Jumat, 28 Juni 2024 - 23:49 WIB

Sambut Hari Lahir Pancasila, Pemko Sabang Bagi Bendera

Jumat, 28 Juni 2024 - 23:48 WIB

Pemko Sabang Nilai Pemerintah Desa Memenuhi Standar

Berita Terbaru

Tersangka AZ, Sekdes salah satu gampong di Peusangan, saat di ruang identifikasi Satres Narkoba Polres Bireuen

HUKUM & KRIMINAL

Sekdes Jadi Pengedar Sabu

Rabu, 17 Jul 2024 - 12:24 WIB

Sejumlah tokoh memberi dukungan kepada H Mukhlis ST sebagai calon Bupati Bireuen 2024-2029

POLITIK

Tokoh Bireuen Siap Dukung H Mukhlis

Minggu, 14 Jul 2024 - 00:56 WIB

PERISTIWA

Wartawan Karo Diduga Dibakar Oknum Aparat

Selasa, 2 Jul 2024 - 14:09 WIB