Pemkab Bireuen Abaikan Skandal Poligami ASN

- Administrator

Jumat, 7 Oktober 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pj Bupati Bireuen, Dr Aulia Sofian PhD saat memberi keterangan pers 19 September lalu

Pj Bupati Bireuen, Dr Aulia Sofian PhD saat memberi keterangan pers 19 September lalu

BIREUEN|METRO ACEH-Kendati bulan lalu Pj Bupati Bireuen telah menyatakan komitmen, untuk menindak sejumlah oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berpoligami, namun hingga kini persoalan tersebut tak kunjung selesai. Bahkan pemkab setempat, dinilai telah mengabaikan aturan tentang larangan poligami bagi ASN.

Informasi yang diperoleh Metro Aceh menyebutkan, puluhan ASN di lingkungan Pemkab Bireuen diketahui berpoligami. Namun, perbuatan melanggar aturan itu tidak pernah digubris oleh pihak pejabat berwenang, meski sebagian diantaranya juga menelantarkan istri dan anak, akibat terbuai dalam kehidupan baru bersama istri muda.

Parahnya, beberapa diantara ASN itu tercatat sebagai kepala dinas, yang notabene sudah memiliki kemampuan finansial memadai, sehingga dengan mudahnya menghambur uang, demi merebut hati gadis-gadis muda. Ada juga, dengan memanfaatkan jabatannya dapat memperistri staf wanita pada instansi yang dipimpinnya itu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Salah satu ASN kepada media ini, Sabtu (7/10) mengungkapkan, kasus perselingkuhan dan nikah siri dengan sesama pegawai pemerintah daerah, selama ini dianggap lumrah. Kondisi itu, bahkan telah menjadi rahasia umum dan seolah luput dari perhatian.

“Mirisnya, fenomena ini makin subur karena tak pernah ada sanksi, malahan seperti ikut dilindungi dan ditutup-tutupi. Malahan, bupati sebelumnya terkesan merestui praktik nikah siri antar sesama ASN,” ungkap sumber yang enggan ditulis nama.

Menurut dia, salah satu keluarganya kini juga merasakan dampak, akibat suami yang telah berpoligami sehingga anak dan istri ditelantarkan,”Padahal larangan poligami ini jelas diatur dalam PP dan Undang-undang, juga sanksinya ada. Tetapi, mengapa pejabat berwenang mengacuhkan aturan tersebut,” tugas sumber itu.

Sementara Pj Bupati Bireuen, Dr Aulia Sofian PhD saat menggelar temu pers beberapa waktu lalu, dengan tegas menyatakan segera menindak oknum ASN yang berpoligami. Kala itu, Aulia Sofian mengaku menerima laporan, terkait persoalan ini dan sudah mulai diproses.

Menurutnya, sejak lima minggu terakhir ini dirinya menjabat, diketahui sedikitnya sudah ada tiga laporan kasus poligami ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen. Ketiga-tiganya sebut Aulia, sudah dipanggil dan dua diantaranya sudah ditindaklanjuti.

“Dua laporan sudah difollow up dan segera dikeluarkan surat pemecatan, sesuai aturan yang berlaku karena prosesnya sudah selesai,” ungkap Aulia Sofian dengan nada tegas.

Dia mengaku, secara prosedur tindakan ASN yang berpoligami jelas-jelas menyalahi, serta bertentangan dengan ketentuan. Sehingga, dirinya sudah meminta izin ke Kemendagri untuk melakukan pemecatan terhadap para ASN yang berpoligami, ataupun ASN yang menjadi istri kedua.

Berdasarkan catatan diperoleh Metro Aceh menyebutkan, aturan dan larangan bagi ASN berpoligami diatur dalam Undang-undang No 5 Tahun 2014 tentang pengangkatan aparatur sipil negara, PP No 45 tahun 1990 tentang izin perkawinan dan perceraian bagi Pegawai Negeri Sipil, serta PP No 53 tahun 2010 tentang peraturan displin Pegawai Negeri Sipil.

Selain itu, sanksi bagi PNS yang melakukan poligami tanpa izin atau sanksi bagi PNS yang poligami diam-diam atau tanpa izin, tertuang dalam PP Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Dalam peraturan ini, ada tiga jenis hukuman disiplin berat yang dapat dijatuhkan pada PNS yang melanggar. Ketiga sanksi tersebut, yakni penurunan jabatan setingkat lebih rendah selama 12 bulan, pembebasan dari jabatannya menjadi jabatan pelaksana selama 12 bulan dan pemberhentian dengan hormat atas permintaan sendiri sebagai PNS. (Bahrul)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Satlantas Polres Bireuen dan BPJS Sosialisasi Kepesertaan JKN Bagi Pemohon SIM
Danrem Hadiri HUT Bhayangkara di Tanah Kelahiran
H Mukhlis Fasilitasi Pemulangan Jenazah TKI Bireuen di Malaysia
H Mukhlis Sembelih Sejumlah Hewan Qurban
Pengcab Forki Gelar Buka Puasa Bersama
Kapal Expres Bahari Layani Mudik Gratis
MTC Ina Bireuen Salurkan Bantuan Ke Panti Asuhan
Safari Ramadhan, H Mukhlis Salurkan Bantuan

Berita Terkait

Senin, 1 Juli 2024 - 23:56 WIB

Satlantas Polres Bireuen dan BPJS Sosialisasi Kepesertaan JKN Bagi Pemohon SIM

Jumat, 28 Juni 2024 - 20:35 WIB

H Mukhlis Fasilitasi Pemulangan Jenazah TKI Bireuen di Malaysia

Senin, 17 Juni 2024 - 18:28 WIB

H Mukhlis Sembelih Sejumlah Hewan Qurban

Sabtu, 6 April 2024 - 23:00 WIB

Pengcab Forki Gelar Buka Puasa Bersama

Minggu, 31 Maret 2024 - 19:56 WIB

Kapal Expres Bahari Layani Mudik Gratis

Berita Terbaru

Tersangka AZ, Sekdes salah satu gampong di Peusangan, saat di ruang identifikasi Satres Narkoba Polres Bireuen

HUKUM & KRIMINAL

Sekdes Jadi Pengedar Sabu

Rabu, 17 Jul 2024 - 12:24 WIB

Sejumlah tokoh memberi dukungan kepada H Mukhlis ST sebagai calon Bupati Bireuen 2024-2029

POLITIK

Tokoh Bireuen Siap Dukung H Mukhlis

Minggu, 14 Jul 2024 - 00:56 WIB

PERISTIWA

Wartawan Karo Diduga Dibakar Oknum Aparat

Selasa, 2 Jul 2024 - 14:09 WIB