Lebaran Idul Fitri Warga Sabang Rayakan Hari Kemenangan

- Administrator

Minggu, 26 Mei 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Berbagai kendaraan mobil pick up dihiasi dengan berbagai bentuk kubah mengikuti lomba pawai takbir mewakili gampong masing-masing

Berbagai kendaraan mobil pick up dihiasi dengan berbagai bentuk kubah mengikuti lomba pawai takbir mewakili gampong masing-masing

SABANG, Hari Raya Idul Fitri yang dirayakan seluruh umat Islam di seluruh dunia, memiliki makna penting bagi kaum muslimin sebagai hari kemenangan, usai menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan. Demikian diungkap, Ketua DPRK Sabang Muhammad Nasir.

Begitu pun dengan berbagai tradisi dalam memperkuat silaturahmi dan ukhwah Islamiyah yang rutin serta menjadi tradisi bagi masyarakat, seperti halnya di Kota Sabang saat merayakan Idul Fitri 1445 H tahun ini.

Serangkaian silaturahmi pasti dilakukan pada momen tersebut dengan saling bermaafan dan berkumpul bersama keluarga besar. Makanya, memahami makna Idulfitri juga dapat membuat seseorang merasa selalu bersyukur pada Allah SWT.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Peserta Lomba Pawai Takbir Sabang
Para peserta dari masing-masing gampong melantunkan takbir di atas kendaraan mobil pick up yang sudah dihias

Karena disaat itulah Idulfitri bagi umat Islam tetap dirayakan dengan gema takbir, tasbih, tahmid, dan tahlil,”Jadi, harus diketahui juga makna Idulfitri bukan sekadar merayakannya dengan pakaian baru tetapi bagaimana menjadikan diri kita untuk dapat meningkatkan derajat kualitas keimanan, kesalehan, dan ketakwaan kita kepada Allah SWT,” ungkap Muhammad Nasir.

Artinya, Idulfitri itu tak hanya sekadar kembali pada yang suci, tapi dapat pula diartikan bagaimana ungkapan rasa syukur hamba-Nya kepada Allah SWT, karena diberikan kesempatan umur panjang atas kemenangan besar yang diperoleh setelah melaksanakan puasa dan rangkaian ibadah di bulan Ramadhan yang penuh berkah.

Menurutnya, islam juga mengajarkan tentang beberapa hal agar umat islam mengisi hari kemenangan dengan gembira tapi juga bernilai ibadah.

Karena ada beberapa hal yang dilakukan Rasulullah SAW, dalam menyambut dan merayakan Idulfitri.

Pertama adalah dimulai dengan memperbanyak baca takbir pada malam terakhir ramadan hingga pagi hari saat masuk satu Syawal.

Ada dua jenis takbir Idulfitri yaitu, muqayyad (dibatasi), takbir yang dilakukan setelah salat, baik fardhu atau sunah. Dimana setiap selesai salat, umat islam dianjurkan untuk membaca takbir.

Kedua, mursal (dibebaskan), yaitu takbir yang tidak terbatas setelah salat bisa dilakukan di setiap kondisi.

“Jadi, takbir Idulfitri itu sebenarnya bisa dikumandangkan di mana saja, bisa di rumah, di jalan, di masjid atau tempat lainnya.

Antusiasme Masyarakat Sabang Nonton Takbir
Antusiasme masyarakat Sabang menyaksikan pawai malam takbir menyambut Idulfitri 1445 Hijriah di kawasan wisata Sabang Fair

Dan kesunahan takbir Idulfitri dimulai sejak tenggelamnya matahari pada malam 1 Syawal sampai Takbiratul Ihramnya Imam Salat Id bagi yang berjamaah, atau takbiratul Ihramnya mushalli sendiri bagi yang salat sendirian,” terangnya.

Kecuali itu, nilai ibadah yang sangat luar biasa pahalanya adalah tradisi silaturahim saling mengunjungi dan bermaaf-maafan.

Tentunya, tradisi tersebut sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW. Dimana ketika Idulfitri tiba Rasulullah mengunjungi rumah para sahabatnya. Begitu juga sebaliknya para sahabat juga datang ke rumah Rasulullah SAW.

Pada kesempatan itulah Rasulullah dan para sahabat saling mendoakan kebaikan satu sama lain. Sama seperti yang dilakukan umat Islam saat ini. Datang ke tempat sanak famili dan andaitolan dengan saling mendoakan.

Forkopimda Kota Sabang Hadiri Lomba Pawai Takbir
Forkopimda Sabang menghadiri lomba pawai takbir menyambut Idulfitri 1445 Hijriah di kawasan wisata Sabang Fair

Insya Allah di hari yang Fitri ini menjadi momentum penting bagi kita semua setelah sebulan penuh kita menjalankan ibadah puasa. Pada bulan ramadan, kita seluruh umat islam menjalankan ibadah puasa menempa diri untuk meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT.

Untuk itu mari kita jadikan hari kemenangan ini untuk lebih meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT dan memupuk nilai-nilai keikhlasan dan kesabaran. Semoga keikhlasan ini akan dapat kita wujudkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Lebih lanjut Ketua DPRK Sabang Muhammad Nasir menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Sabang atas suksesnya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pemenang Lomba Pawai Takbir Kota Sabang
Para pemenang lomba pawai takbir Idulfitri 1445 Hijriah di kawasan wisata Sabang Fair

Ia berharap untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada bulan November 2024 ini juga bisa berjalan dengan lancar tanpa ada perpecahan.

“Saya yakin ini adalah bukti kedewasaan masyarakat Kota Sabang dalam berpolitik mampu menjaga silahturahmi dengan baik.

Walaupun ada perbedaan pilihan dan dukungan, terbukti pelaksanaan Pemilihan Umum Presiden, DPR-RI, DPD, DPRA dan DPRK Sabang terlaksana dengan baik.

Mudah-mudahan dengan semangat Idulfitri dan Ridha Allah SWT, pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah di Sabang juga bisa berjalan sukses dan lancar, Aamiin..,” tutupnya.(ADV)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Sabang Miliki Potensi Besar Majukan Ekonomi Kreatif
Raih WTP, Pengelolaan Keuangan Dinilai Profesional
5 Tahun Dipimpin Tgk Agam-Suradji Junus, Banyak Program Peduli Rakyat Lahir
Pemko dan BNNK Sabang Ajak Generasi Muda Ikut Berkampanye Jauhi Narkoba
Wali Kota Sabang Serahkan Piala Bergilir Semi Open Turnamen Volly
Pemko Sabang Dan Kejari Gelar Penyuluhan Hukum Tata Cara Pengelolaan Dana Gampong
Pemko Sabang Serahkan Piagam Penghargaan Di Sektor Pelayanan Publik
Semi Open Turnamen Voli Wali Kota Sabang Tahun 2022 Resmi Dibuka

Berita Terkait

Jumat, 28 Juni 2024 - 23:07 WIB

Sabang Miliki Potensi Besar Majukan Ekonomi Kreatif

Minggu, 26 Mei 2024 - 10:58 WIB

Raih WTP, Pengelolaan Keuangan Dinilai Profesional

Minggu, 26 Mei 2024 - 10:47 WIB

Lebaran Idul Fitri Warga Sabang Rayakan Hari Kemenangan

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 00:06 WIB

5 Tahun Dipimpin Tgk Agam-Suradji Junus, Banyak Program Peduli Rakyat Lahir

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 00:01 WIB

Pemko dan BNNK Sabang Ajak Generasi Muda Ikut Berkampanye Jauhi Narkoba

Berita Terbaru

Tersangka AZ, Sekdes salah satu gampong di Peusangan, saat di ruang identifikasi Satres Narkoba Polres Bireuen

HUKUM & KRIMINAL

Sekdes Jadi Pengedar Sabu

Rabu, 17 Jul 2024 - 12:24 WIB

Sejumlah tokoh memberi dukungan kepada H Mukhlis ST sebagai calon Bupati Bireuen 2024-2029

POLITIK

Tokoh Bireuen Siap Dukung H Mukhlis

Minggu, 14 Jul 2024 - 00:56 WIB

PERISTIWA

Wartawan Karo Diduga Dibakar Oknum Aparat

Selasa, 2 Jul 2024 - 14:09 WIB