Potensi Melinjo Pidie Anjlok

- Administrator

Selasa, 6 November 2018

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SIGLI METROACEH.COM-Produktifitas ragam bahan makanan olahan melinjo yang menjadi komoditas unggulan Kabupaten Pidie, dilaporkan merosot drastis dan berdampak besar terhadap perekonomian rakyat di wilayah itu. Sehingga butuh penanganan serius pemkab setempat, untuk memberdayakan kembali potensi sektor ini.

Akibat kondisi buruk tersebut, muncul inisiasi Dr Ir Fauzi Harun M.Si membentuk Tim Inisiator Pengembangan Melinjo (TIPM). Supaya dapat terus mempertahankan bisnis ekonomi rakyat ini, serta meningkatkan potensinya sebagai produksi unggulan yang dipasarkan ke seluruh Indonesia, hingga mancanegara dan menjadi komoditas ekspor.

“Potensi Melinjo dan produksinya benar-benar menurun drastis, padahal usaha kecil masyarakat ini merupakan penyangga ekonomi rakyat di Pidie. Home idustri dan penyebaran pemasaran, sampai kini belum terdata dengan valid,” sebut Fauzi kepada Metro Aceh, Senin (5/11) saat ditemui di kantor bupati setempat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dia mengaku, untuk membangkitkan kembali gairah ekonomi sektor ptoduksi Melinjo, dia bersama beberapa perwakilan Duek Pakat Pengembangan Melinjo Pidie. Ingin menyampaikan gagasan tersebut kepada bupati, guna disikapi oleh pemerintah daerah.

Pada kesempatan itu, selain dari beberapa orang TIPM. Kedatangan Fauzi dkk juga didampingi perwakilan duek pakat pengembangan melinjo. Serta beraudiensi dengan Bupati Pidie, Roni Ahmad alias Abusyik.

TIPM Pidie yang hadir yakni Rauna Mahfud S.Sos, Bahagia Bakhri, Nadri Hamzah S.Sos, Muhammad S.Hut, dan Tgk Adnan Ubat. Lebih lanjut, Dr. Ir Fauzi Harun menjelaskan bahwa tanaman Melinjo, itu salah satu tanaman endemik yang tumbuh di Pidie, dan telah dimanfaatkan secara turun temurun di kalangan masyarakat. Artinya, tanaman Melinjo itu tumbuh dengan sendirinya di Pidie, bukan ditanam secara khusus.
Namun sejalan dengan waktu, potensi dan produksi Melinjo terus terjadi penurunan. Setiap Minggu kata dia, sebanyak Delapan Ton, biji Melinjo masuk ke Kota Beureunuen, Kabupaten Pidie dipasok dari daerah lain.

‚ÄúIni salah satu indikasi stok biji Melinjo asal Pidie sudah menurun. Sehingga, sedikitnya delapan ton melinjo masuk ke Beureunun dari daerah lain. Ini data keterangan pedagang, bukan hasil riset kami,” sebutnya.

Abusyik dengan tegas menyatakan siap mendukung upaya penyelamatan bisnis melinjo. Terutama produk emping melinjo yang sudah menjadi konsumsi publik di seluruh penjuru dunia. Dia mengaku, pemerintah daerah sepenuhnya menerima rekomendasi TIPM. Malahan, Abusyik meminta segera dilaksanakan namun harus sesuai dengan aturan, serta ketentuan yang berlaku.

Selaku orang nomor satu di wilayah itu, Abusyik langsung mengarahkqn TIPM, menindaklanjuti rencana ini dengan Asisten II H Mahdan, SE MSi. Mengingat, program tersebut penting untuk terlaksana secepatnya sehingga memberikan solusi terbaik. Terutama, menyusun langkah strategis supaya tujuan benar-benar tercapai seperti perencanaan.

“Kami meminta supaya pengembangan produktifitas Melinjo ini, harus sesuai dengan aspek sosial, hukum dan perundang-undangan. Sehingga, semua problematika yang ada dapat terselesaikan,” ujarnya. (MA 13)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Pengcab Forki Gelar Buka Puasa Bersama
Kapal Expres Bahari Layani Mudik Gratis
MTC Ina Bireuen Salurkan Bantuan Ke Panti Asuhan
Safari Ramadhan, H Mukhlis Salurkan Bantuan
Pengurus AMSI Aceh Dilantik
Beasiswa Santri Berprestasi Diluncurkan
Koalisi Muda DemRes Kutuk Oknum PPK
Tanggul Jebol Pasokan Air Bersih Terganggu

Berita Terkait

Sabtu, 6 April 2024 - 23:00 WIB

Pengcab Forki Gelar Buka Puasa Bersama

Minggu, 31 Maret 2024 - 19:56 WIB

Kapal Expres Bahari Layani Mudik Gratis

Minggu, 24 Maret 2024 - 23:57 WIB

MTC Ina Bireuen Salurkan Bantuan Ke Panti Asuhan

Minggu, 17 Maret 2024 - 14:55 WIB

Safari Ramadhan, H Mukhlis Salurkan Bantuan

Sabtu, 9 Maret 2024 - 17:29 WIB

Pengurus AMSI Aceh Dilantik

Senin, 19 Februari 2024 - 18:59 WIB

Beasiswa Santri Berprestasi Diluncurkan

Sabtu, 10 Februari 2024 - 17:13 WIB

Koalisi Muda DemRes Kutuk Oknum PPK

Sabtu, 27 Januari 2024 - 14:57 WIB

Tanggul Jebol Pasokan Air Bersih Terganggu

Berita Terbaru

Temu ramah sejumlah kontraktor dan pengusaha muda Bireuen bersama H Mukhlis ST, Minggu (19/5)

POLITIK

Kontraktor dan Pengusaha Muda Deklarasi Dukung H Mukhlis

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:53 WIB

Jenazah Sulaiman (28) saat Puskesmas Peudada

PERISTIWA

Pasang Jerat Babi Warga Tewas Kesetrum

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:38 WIB

NASIONAL

Bengkulu Ikut Wastra Nusantara Fashion 2024 di Solo

Jumat, 17 Mei 2024 - 10:26 WIB

POLITIK

DPW PPP Aceh Buka Pendaftaran Bacalon Peserta Pilkada

Senin, 13 Mei 2024 - 15:11 WIB

Salah seorang tim Identifikasi Polres Bireuen melakukan olah TKP

HUKUM & KRIMINAL

Adik Tewas Ditikam Abang Kandung

Jumat, 10 Mei 2024 - 15:44 WIB