oleh

Pemkab Bireuen Segera Rampungkan Gedung Kantor PUPR

BIREUEN|METRO ACEH-Mulai tahun ini, Pemerintah Kabupaten Bireuen akan fokus memacu pembangunan sejumlah sarana infrastruktur. Termasuk, beberapa fasilitas umum, serta sarana gedung pemerintahan daerah maupun bangunan kantor DPRK.

Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH M.Si yang ditemui Metro Aceh, Kamis (14/1) saat meninjau lokasi gedung kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menjelaskan, dalam waktu dekat beberapa pekerjaan pembangunan sarana infrastruktur yang menjadi fokus dan atensi serius, segera dilaksanakan sesuai target perencanaan.

Menurutnya, selain prioritas sarana dan prasarana masyarakat yang akan dipacu, agar dapat diselesaikan untuk menyahuti kebutuhan rakyat. Pemkab Bireuen, juga menargetkan gedung kantor PUPR bisa dirampungkan tahun ini,”Insya Allah kita harapkan akhir Desember 2021, gedung Dinas PUPR sudah selesai,” ungkapnya.

BACA JUGA :   Disporapar Gelar Bimtek Ekonomi Kreatif
Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH M.Si bersama pejabat terkait meninjau lokasi gedung kantor Dinas PUPR, Kamis (14/1)
Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH M.Si bersama pejabat terkait meninjau lokasi gedung kantor Dinas PUPR, Kamis (14/1)

Muzakar menandaskan, guna membiayai kebutuhan itu, tahun ini telah disiapkan anggaran sebesar Rp 9,7 miliar, dengan target rampung akhir tahun dan sudah dapat dipergunakan awal Januari 2022. Selain itu, pembangunan gedung kantor DPRK Bireuen dengan alokasi anggaran Rp 10 miliar TA 2021, akan dikerjakan mulai Maret mendatang.

“Alhamdulillah, berkat dukungan bapak Gubernur Aceh yang mendorong supaya gedung wakil rakyat dibangun tahun ini, serta nantinya turut dibantu dari sumber APBA, kita targetkan tahun 2023 sudah selesai secara keseluruhan,” jelasnya.

Kemudian, beberapa pembangunan dan penataan kawasan perkotaan tandasnya, yakni relokasi stadion Cot Gapu ke Sport Centre Paya Kareueng. Areal home base PSSB itu, rencananya dibangun menjadi alun-alun Cot Gapu dan daerah terbuka hijau, untuk lokasi upacara serta sarana taman rekreasi keluarga, diperuntukkan bagi masyarakat umum.

BACA JUGA :   Mursyidin Dilantik Jadi Pj Keuchik Geulanggang Gampong

“Stadion Cot Gapu akan dirubuhkan dan ditimbun, untuk lapangan upacara serta jadi lokasi terbuka hijau. Stadion nanti dibangun baru sekaligus venue, melalui anggaran PON. Karena kita akan menjadi tuan rumah pekan olahraga nasional ini,” sebut Muzakkar A Gani yang ditemui turut didampingi Sekdakab, Ir Zulkifli Sp bersama Kadis PUPR Fadhli Amir ST MT.

Ketua Fraksi Juang Bersama DPRK Bireuen, Zulfikar SE memberi apresiasi atas keseriusan pemerintah daerah, yang segera membangun beberapa sarana dan prasarana infrastruktur itu. Namun, dia mengingatkan agar semua ini betul-betul dilaksanakan sesuai perencanaan, dengan mengikuti aturan dan ketentuan yang berlaku. Sehingga, bisa bermanfaat bagi semua pihak maupun masyarakat, selaku stake holder pemerintah daerah.

BACA JUGA :   Disporapar Gelar Bimtek Ekonomi Kreatif

Sekretaris DPC Partai Demokrat itu juga menyampaikan harapan, semoga melalui dukungan Pemerintah Aceh nantinya, gedung parlemen yang representatif ini dapat dirampungkan pada tahun 2023 mendatang, sehingga bangunan tersebut menjadi salah satu icon baru Kabupaten Bireuen.

“Kita doakan semoga mulai 2024 nanti, sudah dapat ditempati dan berfungsi sebagai gedung wakil rakyat yang cukup megah di sisi ruas jalan lintas nasional,” ujarnya.

Dia mengaku, mengingat kondisi gedung DPRk Bireuen saat ini, sudah tidak layak untuk kebutuhan sekretariat maupun ruang sidang dan rapat, karena sangat sempit dan jumlah ruangan pun terbatas. Jadi butuh dukungan berbagai kalangan masyarakat, agar rencana itu terealisasi sesuai harapan.(Bahrul)

Komentar

News Feed