Manjakan Wisatawan, Rumah Nemo Spot Bahari Ganpong Krueng Raya

- Administrator

Sabtu, 9 Maret 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SABANG|METRO ACEH-Untuk terus menyedot kunjungan wisatawan ke Kota Sabang, berbagai upaya dilakukan agar dapat menambah daya tarik pariwisata daerah. Kini Rumah Nemo hadir menjadi spot bahari yang tak kalah menarik dengan objek wisata alam bawah laut lainnya dan akan memanjakan wisatawan.

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi secara langsung meresmikan spot bahari Rumah Nemo yang menjadi destinasi wisata baru di Gampong Krueng Raya, Kota Sabang, pada Sabtu (2/3).

Launching Rumah Nemo ini menjadi rangkaian Sabang Marine Festival 2024 (SMF24), yang diselenggarakan bersamaan dengan Coral and Coastal Clean Up. Selain dilaksanakan di Gampong Krueng Raya, aksi bersih-bersih pantai ini juga dilaksanakan Pantai Anoi Itam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi mengatakan Rumah Nemo menjadi salah satu bukti komitmen masyarakat Kota Sabang, khususnya Gampong Krueng Raya untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar kawasan pantai Teupin Ciriek.

“Ini suatu langkah yang sangat positif karena memang kekuatan Sabang itu justru berasal dari alamnya yang di jaga dan terpelihara dengan baik. Itulah yang justru keunggulan Sabang yang menjadi daya tarik wisata cukup menarik, berbasis konservasi,” kata Reza Fahlevi.

Menurutnya, dengan dibukanya daya tarik wisata baru di Kota Sabang, akan menambah sederet daftar destinasi wisata unggulan daerah. Diversifikasi produk ini perlu terus dilakukan, sehingga turis semakin banyak pilihan, terutama dalam hal berbelanja dan akan tinggal lebih lama di Pulau Weh, yang juga akan membawa dampak secara ekonomi bagi masyarakat Sabang.

“Kami dari Pemerintah Kota akan terus melakukan pembinaan dari sisi tata kelolanya. Karena ini berbasis komunitas masyarakat, jadi destinasi ini akan dikelola dengan baik oleh masyarakat juga, dengan standar-standar pelayanan yang memang sangat dibutuhkan wisatawan,” jelasnya.

Dalam hal ini, Pj Keuchik Krueng Raya Adriansyah mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Sabang dan BPKS yang telah melibatkan gampong Krueng Raya menjadi bagian dari kemeriahan SMF24. Ia juga menyatakan siap mendukung pemerintah dalam pengembangan desa wisata, serta berharap Gampong Krueng Raya dapat menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Mandiri Krueng Raya, Irwansyah menjelaskan terdapat 8 titik spot Rumah Nemo dengan 8 jenis ikan badut yang sudah teridentifikasi. Dimana masing-masing titik spot berada di kedalaman yang berbeda.

“Ini baru tahap persiapan, jadi identifikasi, penandaan spot, dan peresmian yang sudah dilakukan bapak Pj Wali Kota hari ini, untuk ke depan, ini masih menjadi PR kita juga bersama teman-teman. Sebenarnya masih banyak spot, ada beberapa spot lagi yang belum bisa kita identifikasi, ke depan kita akan meminta dukungan DKP Kota Sabang untuk mengidentifikasi lebih lanjut,” tambahnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Inspektur 1 Inspektorat Jenderal KKP Teuku Nilwan dan Prof. Teuku Abdullah Sanny, yang merupakan seorang akademisi dan ilmuwan dalam bidang seismologi eksplorasi dan rekayasa asal Aceh yang juga menjabat sebagai Guru Besar Institut Teknologi Bandung (red).

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Kapal Hias Nelayan Memukau Wisman
Parade Perahu Nelayan Semarakkan SMF 2024
Masyarakat Antusias Sambut Sabang Marine Festival 2024
Dekranasda Kota Sabang Gencar Promosi Produk UMKM
Pj Walikota Sabang Motivasi Kafilah MTQ dan Antar ke Pelabuhan Calang
Ini Lima Pasal Jadi Syarat Perubahan APBD
Qanun APBK 2024 Disepakati, Pj Walikota Sabang : Prioritaskan Pembangunan
Kendalikan Inflasi Pemko Sabang Gelar Pasar Murah

Berita Terkait

Sabtu, 9 Maret 2024 - 17:41 WIB

Manjakan Wisatawan, Rumah Nemo Spot Bahari Ganpong Krueng Raya

Sabtu, 9 Maret 2024 - 17:40 WIB

Kapal Hias Nelayan Memukau Wisman

Sabtu, 2 Maret 2024 - 07:23 WIB

Parade Perahu Nelayan Semarakkan SMF 2024

Sabtu, 2 Maret 2024 - 00:58 WIB

Masyarakat Antusias Sambut Sabang Marine Festival 2024

Jumat, 1 Maret 2024 - 19:04 WIB

Dekranasda Kota Sabang Gencar Promosi Produk UMKM

Kamis, 23 November 2023 - 15:23 WIB

Pj Walikota Sabang Motivasi Kafilah MTQ dan Antar ke Pelabuhan Calang

Rabu, 22 November 2023 - 01:02 WIB

Ini Lima Pasal Jadi Syarat Perubahan APBD

Senin, 20 November 2023 - 00:57 WIB

Qanun APBK 2024 Disepakati, Pj Walikota Sabang : Prioritaskan Pembangunan

Berita Terbaru

illustrasi

HUKUM & KRIMINAL

Polisi Tangani Kasus Pencabulan Anak Yatim di Peudada

Kamis, 18 Apr 2024 - 15:29 WIB

Ilustrasi

HUKUM & KRIMINAL

Kakek Bejat Diduga Cabuli Anak Yatim

Rabu, 17 Apr 2024 - 21:54 WIB

POLITIK

H Mukhlis Ajak Warga Rawat Persaudaraan

Senin, 15 Apr 2024 - 23:11 WIB

POLITIK

H Mukhlis Siap Wujudkan Harapan Rakyat

Jumat, 12 Apr 2024 - 21:43 WIB

NANGGROE

Pengcab Forki Gelar Buka Puasa Bersama

Sabtu, 6 Apr 2024 - 23:00 WIB