Dekranasda Kota Sabang Gencar Promosi Produk UMKM

- Administrator

Jumat, 1 Maret 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SABANG|METRO ACEH-Guna meningkatkan produksi berbagai produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk memacu usaha ekonomi produktif, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Sabang, terus menggencarkan promosi hasil produksi masyarakat, termasuk kepada wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pernyataan tersebut, diungkap oleh Penjabat Ketua Dekranasda Kota Sabang, Ny Kamelia Reza Fahlevi, saat meresmikan Gerai Kerajinan Dekranasda di Pelabuhan Balohan, Jum’at (1/3). Menurutnya, dengan kehadiran gerai kerajinan ini, diharapkan terus memacu produktifitas UMKM, sekaligus menjadi wadah promosi produk-produk unggulan binaan Dekranasda Kota Sabang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kita berharap dengan adanya gerai ini nanti, menjadi wadah promosi bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, yang keluar masuk melalui pelabuhan Balohan,”ungkap Kamelia.

Dia mengatakan, gerai kerajinan juga menjadi salah satu sarana penunjang bagi perkembangan wirausaha baru dalam meningkatkan promosi Sabang sebagai daerah tujuan wisata bahari.

Kamelia Reza Fahlevi menegaskan, Dekranasda Kota Sabang terus berusaha untuk menjadi motor penggerak bagi tumbuhnya wira usaha dengan produk-produk yang berkualitas dan berkuantitas, serta mampu mandiri dalam mengembangkan karya dan kriya.

Hal senada juga dikatakan Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, saat memberikan sambutan dalam acara tersebut. Dijelaskannya, hadirnya gerai kerajinan sebagai upaya melahirkan produk kerajinan yang berkualitas serta mengharapkan wisatawan berbelanja dalam jumlah besar di Sabang.

Produk UMKM
Aneka Produk UMKM pada Promosi Produk Masyarakat Dekranasda

“Hampir tiap bulan Sabang disinggahi oleh kapal pesiar. Kapal pesiar [para wisatawan] juga mencari barang-barang yang layak untuk dibeli sesuai dengan tren dan kesukaan mereka, dan ini harus kita siapkan,” kata Reza Fahlevi.

Ia juga mengingatkan fungsi Dekranasda untuk membina dan membantu mempromosikan produk kerajinan UMKM. Di era digital, Reza Fahlevi juga berharap Dekranasda Kota Sabang bisa mempromosikan produk ke dalam platform-platform digital.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, Nia Niscaya, dalam sambutannya pada acara launching Gerai Kerajinan Dekranasda Kota Sabang mengatakan, untuk memastikan kesuksesan karya-karya Dekranasda diperlukan juga komitmen dari semua pihak.

“Perlu komitmen dari semua pihak agar kita dapat bersama-sama memperkenalkan wajah dan keunikan etnik Aceh khususnya Sabang yang memiliki kemajemukan budaya tersendiri,” kata Nia Niscaya.

Ia juga menjelaskan, dalam sebuah perjalanan wisata, merchandise (oleh-oleh) menjadi sebuah kebutuhan bagi para wisatawan. Para wisatawan selain akan membelanjakan uang mereka untuk kebutuhan transportasi, akomodasi dan kuliner, mereka juga akan melakukan spending (pengeluaran) untuk belanja oleh-oleh.

Karena itu, lanjut Nia Niscaya, dalam upaya meningkatkan spending dari para turis di Kota Sabang salah satu cara yang harus dilakukan adalah meningkatkan kualitas produk kerajinan khas kota tersebut, misalnya melalui pembinaan dari Dekranasda.

“Harapannya dengan peresmian gerai Dekranasda ini, dapat memberikan nilai tambah dalam pariwisata Sabang dengan memperkenalkan keunikan sejarah, budaya, dan potensi Kota Sabang. Apalagi dalam hal ini Kota Sabang memiliki potensi yang besar mengingat banyak kapal pesiar dan yacth (kapal layar) yang berlabuh di Kota Sabang,” ujar Nia Niscaya. (red)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Manjakan Wisatawan, Rumah Nemo Spot Bahari Ganpong Krueng Raya
Kapal Hias Nelayan Memukau Wisman
Parade Perahu Nelayan Semarakkan SMF 2024
Masyarakat Antusias Sambut Sabang Marine Festival 2024
Pj Walikota Sabang Motivasi Kafilah MTQ dan Antar ke Pelabuhan Calang
Ini Lima Pasal Jadi Syarat Perubahan APBD
Qanun APBK 2024 Disepakati, Pj Walikota Sabang : Prioritaskan Pembangunan
Kendalikan Inflasi Pemko Sabang Gelar Pasar Murah
Tag :

Berita Terkait

Sabtu, 9 Maret 2024 - 17:41 WIB

Manjakan Wisatawan, Rumah Nemo Spot Bahari Ganpong Krueng Raya

Sabtu, 9 Maret 2024 - 17:40 WIB

Kapal Hias Nelayan Memukau Wisman

Sabtu, 2 Maret 2024 - 07:23 WIB

Parade Perahu Nelayan Semarakkan SMF 2024

Sabtu, 2 Maret 2024 - 00:58 WIB

Masyarakat Antusias Sambut Sabang Marine Festival 2024

Jumat, 1 Maret 2024 - 19:04 WIB

Dekranasda Kota Sabang Gencar Promosi Produk UMKM

Kamis, 23 November 2023 - 15:23 WIB

Pj Walikota Sabang Motivasi Kafilah MTQ dan Antar ke Pelabuhan Calang

Rabu, 22 November 2023 - 01:02 WIB

Ini Lima Pasal Jadi Syarat Perubahan APBD

Senin, 20 November 2023 - 00:57 WIB

Qanun APBK 2024 Disepakati, Pj Walikota Sabang : Prioritaskan Pembangunan

Berita Terbaru

illustrasi

HUKUM & KRIMINAL

Polisi Tangani Kasus Pencabulan Anak Yatim di Peudada

Kamis, 18 Apr 2024 - 15:29 WIB

Ilustrasi

HUKUM & KRIMINAL

Kakek Bejat Diduga Cabuli Anak Yatim

Rabu, 17 Apr 2024 - 21:54 WIB

POLITIK

H Mukhlis Ajak Warga Rawat Persaudaraan

Senin, 15 Apr 2024 - 23:11 WIB

POLITIK

H Mukhlis Siap Wujudkan Harapan Rakyat

Jumat, 12 Apr 2024 - 21:43 WIB

NANGGROE

Pengcab Forki Gelar Buka Puasa Bersama

Sabtu, 6 Apr 2024 - 23:00 WIB