by

Musrenbang Kecamatan Jeumpa : Jangan Anak Tirikan Kami

Bireuen|MetroAceh – Musrenbang Kecamatan Jeumpa yang dilaksanakan di Aula Dinkes Bireuen pada Senin (22/02/2021) berlangsung sukses. Acara rutin tahunan itu dihadiri oleh berbagai sektor pemangku kepentingan, mulai dari Unsur Pemerintah Kabupaten Bireuen, Kepala SKPK dan Dinas terkait, tokoh – tokoh masyarakat serta Keuchik dan perangkat dari 42 Gampong dalam kecamatan setempat.

Kegiatan penting tentang perencanaan pembangunan ini, berlangsung dari pagi sampai menjelang zuhur yang di fasilitisasi oleh Pihak Kecamatan Jeumpa. Acara tersebut berlangsung dengan 3 sesi, yaitu sesi pembukaan, sesi diskusi dan sesi penutup. Dalam Sesi pembukaan, camat kecamatan Jeumpa, Tarmizi, ST mengatakan bahwa Kecamatan Jeumpa merupakan kecamatan tertua di Kabupaten Bireuen, akan tetapi sampai hari ini masih sangat jauh tertinggal dengan kecamatan – kecamatan lain dalam kabupaten Bireuen. Ia mengharapkan kepada semua pihak dan instansi terkait untuk dapat memprioritaskan usulan dari Musrenbang tahun ini, agar menjadi prioritas pembangunan Kabupaten Bireuen untuk kemajuan kecamatan Jeumpa kedepan.

BACA JUGA :   Disesalkan, Mesin Pemotong Padi Raib
Musrenbang Kecamatan Jeumpa 2021
Suasana Ruang Rapat Musrenbang Kecamatan Jeumpa Jeumpa, Senin (22/02/2021)

Dalam sesi Diskusi, para peserta musrenbang mengusulkan berbagai macam program pembangunan yang sangat dibutuhkan oleh Masyarakat Kecamatan Jeumpa, diantaranya seperti yang disampaikan oleh Asrul Muhammad Keuchik Gampong Cot Iboh, ia mengusulkan kepada Pemerintah Kebupaten Bireuen tentang pengadaan Lahan untuk pembangunan kantor Pospol dan Posramil Kecamatan jeumpa, yang sangat dibutuhkan untuk kenyamanan para personil dalam bertugas menciptakan keamaan dan ketertiban bagi masyarakat kecamatan Jeumpa.

“Dalam Musrenbang setiap tahunnya, usulan pengadaan lahan pembangunan Pospol dan Posramil selalu menjadi topik pembahasan, akan tetapi sampai hari ini belum ada kejelasan dan kepastian terkait persoalan ini, pada musrenbang kali ini, mohon kepada pihak pemerintah untuk memberikan kepastian terhadap usulan ini, karena ini sangat dibutuhkan demi urusan keamanan dan ketertiban masyarakat kecamatan jeumpa” Ungkap Asrul dalam kesempatan bicaranya.

BACA JUGA :   Disesalkan, Mesin Pemotong Padi Raib

Selain itu, Mursalin Keuchik Gampong Pulo Lawang Kecamatan Jeumpa juga berkomentar, ia mengharapkan Pemerintah Kabupaten Bireuen untuk tidak “menganaktirikan” Pembangunan di Kecamatan Jeumpa. Dia menilai, pembangunan di Kecamatan Jeumpa sangatlah lambat dan terkesan tidak diperdulikan.

“Kepada pihak pemerintah kabupaten bireuen, jangan anak tirikan kami, prioritaskan program – program pembangunan yang kami butuhkan. Sebagai Kecamatan tertua, jangan biarkan kami tertinggal jauh dengan kecamatan lain, jangankan yang lain, misalnya jalan menuju ke kantor kecamatan kami saja sampai hari ini masih sangat memprihatinkan, untuk itu kami mohon perhatian dari bapak ibu sekalian” ungkap pria yang sering disapa Keuchik Salin tersebut.

BACA JUGA :   Disesalkan, Mesin Pemotong Padi Raib

Dalam kesempatan itu, menanggapi pertanyaan dari masyarakat tentang pembangunan di Kecamatan Jeumpa, pihak Dinas Pembangunan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menyatakan bahwa untuk tahun 2021 ada sekitar 10 Milyar lebih anggaran yang bersumber dari APBA dan APBK untuk pembangunan kecamatan jeumpa.

“Untuk tahun ini, ada sekitar 10 Milyar lebih anggaran pembangunan untuk kecamatan jeumpa, Anggaran tersebut akan dipergunakan untuk pembangunan Jalan, Irigasi dan Sarana lainnya di Kecamatan Jeumpa. Sebagian usulan dari yang bapak ibu sampaikan, Insya Allah akan terealisasikan dalam tahun ini, dan lainnya akan menjadi catatan prioritas kami untuk dibahas dalam Musrenbang Kabupaten nantinya.” Ungkap salah seorang kepala bidang yang mewakili Dinas PUPR pada Musrenbang ini. [Jamal]

Comment

News Feed