oleh

Mahasiswa Unimal Bekali Ilmu Budidaya Ikan Mas

SAMALANGA|METRO ACEH-Guna membangkitkan jiwa wirausaha sejak usia dini, mahasiswa KKN BK P-144 Universitas Malikussaleh melaksanakan ragam kegiatan di Desa Ulee Ue, Kecamatan Samalanga selama beberapa hari terakhir.

Informasi yang diperoleh Metro Aceh menyebutkan, selain memperkenalkan aneka jenis ikan tawar yang cocok untuk budidaya kepada anak-anak di desa itu. Dalam kegiatan itu juga dipaparkan, seputar manfaat dan kandungan gizi dari ikan yang kaya protein. Sehingga, sangat berguna bagi pertumbuhan serta daya kembang otak.

BACA JUGA :   Sambut Milad GAM, Yufaidir Kunjungi Lapas Bireuen

Rahmat Noval Abrar mahasiswa ilmu perikanan, menerangkan ragam jenis ikan air tawar dan cara pembudidayaan ikan mas. Disamping menjelaskan fase perkembangan ikan ini, mulai dari telur hingga siap dijual atau dikonsumsi.

“Siklus hidup ikan mas, dimulai dari perkembangan di dalam gonad (ovarium pada ikan betina yang menghasilkan telur dan testis ikan jantan, yang menghasilkan sperma). Sebenarnya pemijahan ikan mas dapat terjadi sepanjang tahun dan tidak tergantung pada musim. Namun, di habitat aslinya, ikan mas sering memijah pada awal musim hujan, karena adanya rangsangan dari aroma tanah kering yang tergenang air,” jelasnya.

BACA JUGA :   Sambut Milad GAM, Yufaidir Kunjungi Lapas Bireuen

Keuchik Ulee Ue, Fahmi M. Thaib, menyampaikan apresiasi kepada para mahasiswa KKNP 144, atas kegiatan yang mengedukasi ini. “Anak-anak perlu mengetahui, bagaimana proses pembudidayaan ikan agar mereka tahu bahwa ikan yang mereka santap tiap hari ternyata perlu proses panjang sebelum terhidang di meja makan,” ucapnya.

Sementara Dosen Pembimbing Lapangan, Rasyimah. S.S., M. Ed mengharapkan agar mahasiswa ini dapat melanjutkan program tersebut setelah KKN selesai,“Semoga program budidaya ikan ini dapat terus dilanjutkan, sebagai karya dan dedikasi mahasiswa yang bermanfaat, untuk menunjang ekonomi warga,” sebutnya.

BACA JUGA :   Sambut Milad GAM, Yufaidir Kunjungi Lapas Bireuen

Ditandaskannya, melalui kegiatan ini diharapkan anak-anak dapat memahami bagaimana proses pembudidayaan ikan, sehingga bagi yang memiliki minat dan hobi memelihara ikan, dapat menerapkan usaha ini di masa yang akan datang, agar dapat bermanfaat untuk menunjang usaha ekonomi warga di desa itu.(Bahrul)

Komentar

News Feed