by

Warga Temukan Satwa Langka

TAPAKTUAN|METRO ACEH-Seorang warga Desa Gunung Keurambil, Kecamatan Tapaktuan Aceh Selatan, menemukan seekor Trenggiling (Manis Javanica) yang sedang berkeliaran di pemukiman penduduk. Satwa langka itu, lalu diserahkan kepada petugas Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Sabtu pekan lalu.

Informasi yang diperoleh Metro Aceh menyebutkan, hewan tersebut terlihat oleh Efrizal Syahputra (30), saat sedang berkeliaran ditumpukan kayu bakar tepat disamping rumah pemuda itu, sekira pukul 09.00 wib. Setelah diamankan dari pagi, lantas malamnya dia menyerahkan hewan langka pemangsa serangga ini, ke petugas TNGL.

Trenggiling yang ditemukan warga saat diamankan di kantor BPTN wilayah I Tapaktuan.

 

Satwa langka yang dilindungi ini karena populasinya semakin merosot, akibat aksi para pemburu yang menjual hewan itu dengan harga tinggi di pasar gelap. Diduga kesasar ke pemukiman warga di dekat kawasan pegunungan, saat hendak mencari makanan di area kebun masyarakat setempat.

Berdasarkan hasil observasi petugas, diketahui Trenggiling itu berjenis kelamin betina, dengan bobot dua kilogram. Agar kesehatan hewan ini tetap terjaga, maka untuk sementara diamankan di Kantor BPTN Wilayah I Tapaktuan, Balai Besar TNGL.

Kepala SPTN Wilayah II Kluet Utara, T Irmansyah S.Hut kepada media ini mengaku, Trenggiling itu dalam waktu dekat akan diserahkan ke petugas BKSDA Aceh, melalui Resort Konservasi Wilayah 15 Tapaktuan.

“Nantinya kami serahterimakan untuk bisa dilepasliarkan ke habitatnya,” jelas T Irmansyah.(Kausar)

Comment

News Feed