by

Tim Kala Mirah Juara Safari Berburu

CALANG|METRO ACEH-Setelah melewati aksi perburuan selama dua malam di kawasan hutan Calang, Aceh Jaya untuk membasmi hama Babi. Akhirnya tim Kala Mirah berhasil meraih juara I pada even Safari Berburu 2019, yang digelar Pengprov Perbakin Aceh sejak 24-26 Oktober.

Tim Kala Mirah yang menurunkan duet penembak jitu, yakni Hunter Mukhlis dan Hunter Novri, sukses menyabet juara I kategori “Perseorangan Hasil Buruan Terbanyak” dengan mengumpulkan 58 ekor Babi . Event bergengsi ini, diikuti puluhan peserta dari berbagai daerah di tanah air. Diantaranya para penembak dari Jakarta, Medan, Tapanuli Selatan, Polda Aceh, Bireuen serta beberapa wilayah lain di Aceh.

Hunter Mukhlis menerima hadiah Juara I Safari Berburu di Aceh Jaya.

Perburuan hama babi di area hutan Aceh Jaya itu, berlangsung pada malam hingga pagi hari, ketika gerombolan hewan ini keluar mencari makan. Para pemburu (hunter), harus menjelajahi medan yang cukup menantang. Selain melintasi rimba belantara, dengan jalur terjal di lereng pegunungan yang licin dan berlumpur. Peserta Safari Berburu itu, juga mengejar buruan di kawasan pemukiman warga pedalaman. Karena binatang ini, kerap menyasar ternak dan merusak tanaman masyarakat.

Pantauan awak media ini yang mengikuti kegiatan berburu itu, seluruh hama Babi hasil buruan dikumpulkan, lalu dihitung oleh pihak panitia untuk menentukan pemenang sesuai masing-masing kategori lomba.

Berdasarkan data yang diperoleh Metro Aceh, selain juara Perseorangan Hasil Buruan Terbanyak, sejumlah peserta lain juga meraih kemenangan pada kegiatan tersebut. Diantaranya kategori Babi hasil buruan terberat perseorangan, dimenangkan oleh Muhibuddin lbr dari tim Black Meong Aceh, dengan berat 107 kg.

Lalu, perolehan Babi terbanyak beregu dijuarai tim Sumut A, yang menurunkan trio hunter. Yakni Musa Idisyah, Prana Jaya DK dan Hendy. Tim ini sukses memperoleh 96 ekor hama Babi buruan. Sedangkan juara I kategori terberat beregu, disabet oleh tim Pengprov Aceh yang berkomposisi penembak jitu asal tanah rencong, yaitu Mukhlis, Novri, Tgk Anwar Ramli S.pd dan Muhibuddin Ibr dengan berat total 4.087 kg.

Pihak panitia saat ditemui awak media ini menuturkan, kegiatan tersebut selain bertujuan untuk memperkokoh silaturahmi melalui ajang lomba berburu, juga mencari solusi mengatasi problem hama Babi yang mengganggu warga Aceh Jaya. Pasalnya, binatang itu terus memangsa ternak dan merusak areal perkebunan masyarakat setempat.(Bahrul)

Comment

News Feed