by

Puluhan CPNS Dibekali Latihan Dasar

BIREUEN|METRO ACEH-Sedikitnya 80 calon pengawai negeri sipil (CPNS) yang lulus pada seleksi formasi umum tahun 2018 lalu, serta tergabung dalan angkatan III dan IV lingkungan Pemkab Bireuen, mendapat pelatihan dasar (Latsar). Kegiatan tersebut dilaksanakan sejak 25 Juli hingga 21 September 2019.

Informasi yang diperoleh Metro Aceh menyebutkan, seluruh peserta Latsar ini merupakan CPNS dari berbagai instansi di lingkungan pemda setempat. Kegiatan tersebut, menjadi awal karier bagi para abdi publik itu untuk memulai tugas pada satuan kerja, sesuai formasi saat penerimaan setelah dinyatakan lulus tes sistem CAT tahun lalu.

Bupati Bireuen, H Saifannur S.Sos yang diwakili Asisten Administrasi Umum Dailami S.Hut saat membuka Latsar CPNS di Hotel Fajar, Kamis (25/7) menuturkan, Latsar sebagai pintu gerbang masuk yang membawa CPNS masuk ke lingkup PNS di Kabupaten Bireuen.

Menurut Dailami, Latsar menjadi satu syarat penting untuk diikuti, karena jika tidak ataupun gagal dalam Latsar ini, maka juga akan gagal menjadi PNS.
Untuk itu, dia meminta kesempatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya guna menimba ilmu sebanyak mungkin. Karena saat ini ekspektasi, atau harapan masyarakat terhadap pelayanan pemerintah semakin tinggi.

“Untuk para peserta, setelah diangkat jadi PNS dan mulai aktif bekerja, ilmu yang didapat selama pelatihan ini, bisa diimplementasikan di lingkungan kerja secara optimal,” sebut Dailami.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Bireuen, Mawardi,S,STP.,M. Si dalam laporannya mengatakan, tujuan Latsar bagi CPNS ini adalah untuk membentuk calon PNS yang memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pelayanan masyarakat yang baik.

Lalu untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, ketrampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional, dilandasi kepribadian dan etika PNS.

“Memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pemgayoman dan pemberdayaan masyarakat,” harap Alumni STPDN itu.

Acara pembukaan Laksar dihadiri Kepala Dinas, Badan, Kantor dan Bagian di lingkungan Pemkab Bireuen, Widyaiswarara/Tenaga Pengajar Latsar yang dihadirkan oleh penyelenggara. (Bahrul)

Comment

News Feed