BIREUEN|METRO ACEH-Guna memaksimalkan roda pemerintahan desa, sebagai lembaga pengawas kinerja dan tata kelola pemerintah gampong. Camat Kota Juang, Drs Jalaluddin serta didampingi Forkopimca setempat, melantik Tuha Phuet Geudong Alue periode 2019-2025 di meunasah itu, Rabu (27/6).

Dalam kegiatan yang dihadiri keuchik, tokoh masyarakat dan pemuda desa setempat, Jalaluddin mengingatkan pentingnya koordinasi antara lembaga pemerintahan gampong, dengan Tuha Phuet sebagai ujung tombak pembangunan desa.

Dia juga menjelaskan tugas dan fungsi pokok lembaga Tuha Phuet, sebagai representasi masyarakat yang berperan mengawasi kinerja pemerintahan desa. Sehingga, diharapkan mampu menjalankan tugas secara maksimal.

“Peran Tuha Phuet yang dilantik hari ini, sangat berpengaruh terhadap upaya membangun dan memajukan desa. Saya berharap, lembaga ini dapat bertugas secara maksimal, mendukung aparatur pemerintahan gampong Geudong Alue,” tandasnya saat memberi arahan disela prosesi pelantikan tersebut.

Sementara Keuchik Geudong Alue, Tgk Hamdani Nurdin pada kesempatan itu menuturkan, Tuha Peut yang dilantik agar membantu perangkat desa, dalam membangun serta menyelesaikan setiap persoalan masyarakat yang terjadi di gampong.

“Kami berharap lembaga Tuha Pheut yang telah dilantik ini, senantiasa bisa beperan aktif. Kita sama-sama akan terus mengedepankan musyawarah dalam menyelesaikan setiap masalah di Gampong Geudong Alue,”sebutnya.

Adapun komposisi Tuha Pheut Geudong Alue yang dilantik yaitu Mirdha Fahmi SH sebagai Peutuha Tuha Peuet, Jamaluddin SP Wakil Peutuha Tuha Peuet, Faizin A.Md Keurani Tuha Peuet, serta enam anggota Tuha Phuet yang terdiri dari Risnur, Zulfahmi S,Sos, Zulfan Efendi, Ruslan S,PdI Suryani SE dan Nora Tursini. (T Duta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *