example banner

BIREUEN|METRO ACEH-Untuk mensosialisasikan tatacara pencoblosan pemilihan umum, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Bireuen menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2019, di halaman pendopo bupati, Kamis (11/3).

Pantauan Metro Aceh di lokasi, ratusan pemilih dari berbagai kalangan ikutserta menyukseskan kegiatan tersebut, selaku peserta pemilihan pada simulasi itu yang mencoblos lima kertas suara. Diantaranya pilpres warna abu-abu, DPR RI warna kuning, DPD warna merah, DPRA warna biru dan DPRK warna hijau.

Suasana proses pemungutan suara di TPS, saat simulasi yang digelar KIP Bireuen, Kamis (11/4).

Ketua KIP, Agusni Ismail kepada awak media menjelaskan, mengingat pemungutan dan penghitungan suara merupakan bagian terpenting, dalam tahapan pemilu sesuai ketentuan perundang-undangan. Sehingga, dianggap perlu untuk mensosialisasikan tata cara, proses pemungutan dan penghitungan suara yang benar.

“Tujuan simulasi pungut hitung suara yang dilakukan ini, sebagai bentuk mempresentasikan proses pemungutan suara, seperti kejadian sebenarnya nanti pada setiap TPS,” jelas Agusni.

Proses penghitungan suara oleh KPPS

Dia menandaskan, sesuai jadwal hari pemungutan suara pada 17 April 2019 mendatang, dimulai pukul 07.00 wib hingga pukul 13.00 wib. Selanjutnya, dilakukan penghitungan suara hingga keesokan hari pukul 12.00 wib. Lalu, kotak suara dibawa ke PPK di setiap kecamatan.

Amatan awak media ini, kegiatan simulasi itu melibatkan KPPS, PPG dan Linmas, untuk melaksanakan seluruh rangkaian pemungutan dan penghitungan suara. (Bahrul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *