by

Dana Rekrutmen KPPS Belum Cair

BIREUEN|METRO ACEH-Kendati hari pencoblosan hanya tersisa enam hari lagi, namun hingga kini KIP Bireuen dikabarkan belum mencairkan dana rekrutmen KPPS untuk 609 desa di wilayah itu.

Informasi yang diperoleh Metro Aceh, Kamis (11/8) di lokasi kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2019, di halaman pendopo Bupati Bireuen menyebutkan, meskipun proses rekrutmen dan pelantikan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara(KPPS)telah dilakukan, namun dana rekrutmen bagi para ujung tombak panitia pemilihan di seluruh kabupaten itu, belum cair hingga jelang H-6 pemilu.

BACA JUGA :   Muchlis Rama Jadi Ketua DPD PAN
Pelaktikan KPPS di salah satu desa dalam Kecamatan Simpang Mamplam. (foto :ist)

Sejumlah anggota PPK kepada media ini mengaku heran, apa kendala sehingga menyebabkan anggaran yang dikucurkan pemerintah pusat, untuk membiayai agenda rekrutmen KPPS hingga kini tak terealisasi. Menurut sumber yang enggan ditulis namanya itu, seharusnya KIP Bireuen dapat merealisasikan dana yang telah diplot ini, tepat waktu serta sesuai jadwal tahapan pemilu. Supaya tidak mengganggu kebutuhan di tingkat bawah. Karena, selama beberapa hari ini pihak PPK, kewalahan menghadapi pertanyaan dari PPS, terkait anggaran itu yang belum kunjung dicairkan.

BACA JUGA :   Muchlis Rama Jadi Ketua DPD PAN

“Kami heran saja, di Aceh Utara sudah dikucurkan Rp 2,4 juta per desa. Tetapi, mengapa di Bireuen sampai sekarang belum cair,” ungkap sumber itu.

Sekretaris KIP Bireuen, Saifuddin SH ketika dikonfirmasi via selulernya mengaku, dana rekrutmen KPPS akan disalurkan mulai Jum’at besok, melalui rekening PPK berbarengan dengan biaya pembuatan TPS, untuk seluruh desa di Kabupaten Bireuen.

BACA JUGA :   Muchlis Rama Jadi Ketua DPD PAN

Saifuddin membantah jika dianggap terlambat, pasalnya penyaluran dana rekrutmen KPPS, direalisasikan setelah proses pelantikan,”Ini sudah sesuai jadwal tahapan pemilu, tidak benar jika dinilai telat. Besok sudah kita salurkan bersamaan dengan uang TPS,” jelasnya.

Saat ditanyai jumlah dana rekrutmen, dia mengaku tidak ingat pasti, namun untuk dana pembuatan TPS disalurkan sebesar Rp 1,6 juta per TPS,”Untuk dua anggaran ini, kami pastikan Senin pekan depan sudah dapat terealisasi ke semua PPS,” sebut Saifuddin.(Bahrul)

Comment

News Feed