example banner

BIREUEN|METRO ACEH-Mencuatnya isu praktik curang kandidat caleg PPP, Drs H Anwar Idris yang kini menjabat anggota komisi X DPR RI, langsung direspon oleh Panwaslih Bireuen, dengan melakukan investigasi ke Kecamatan Peusangan Selatan dan Peusangan Siblah Krueng, Minggu (7/4).

Informasi yang diperoleh Metro Aceh menyebutkan, Koordinator Divisi Humas dan Antar Lembaga Panwaslih Kabupaten Bireuen, Wildan Zacky serta didampingi Panwascam dua kecamatan itu, sejak tadi pagi mulai menelusuri informasi pelanggaran pemilu ini. Untuk melakukan serangkaian investigasi, meliputi identifikasi saksi dan terlapor, pengumpulan bukti dan keterangan, serta penyiapan pemberkasan untuk penanganan pelanggaran dugaan pembagian sembako, oleh partai/caleg tertentu pada dua kecamatan itu.

Koordinator Divisi Humas dan Antar Lembaga Panwaslih Kabupaten Bireuen, Wildan Zacky bersama Panwascam Kecamatan Peusangan Selatan dan Peusangan Siblah Krueng, melakukan pertemuan usai mengunjungi daerah yang diduga dibagikan sembako oleh caleg partai nasional.

Wildan Zacky yang ditanyai awak media ini menjelaskan, tadi malam pihaknya menerima informasi dari media sosial dan media massa, terkait pembagian sembako dari caleg salah satu partai politik. Lantas Panwaslih menelusuri info tersebut, guna melengkapi syarat formil dan materil temuan, atau laporan dugaan pelanggaran sesuai ketentuan peraturan Bawaslu No 7 tahun 2018, tentang penanganan pelanggaran pemilu.

“Kami tetap memberi respon cepat, atas setiap informasi dan laporan yang kami diterima,” jelasnya.

Wildan menandaskan, karena ini bagian dari tugas Panwaslih maka dilakukan secara totalitas, sesuai komitmen untuk terus mengawasi pemilu yang jujur dan adil, bebas transaksi money politik yang dilakukan oleh kontestan pemilu 2019 di Kabupaten Bireuen.

Demi tercapainya upaya penanganan dugaan pelanggaran pemilu ini, maupun indikasi pidana pemilu. Wildan mengaku, pihaknya sangat berharap masyarakat di lokasi kejadian, dapat mendukung dan mau bekerjasama membantu pengawas pemilu, baik PPG, Panwascam serta Panwaslih yang membutuhkan informasi serta kelengkapan syarat formil lainnya. Sehingga, setiap perkara dapat diproses sesuai jalur dan ketentuan yang berlaku. (Bahrul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *