LHOKSEUMAWE|METRO ACEH-Kunjungan Jokowi ke Lhokseumawe yang menggelar kampanye di Hotel Lido Graha, Selasa (26/3) mendapat reaksi dengan aksi demo mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) di gerbang kampus perguruan tinggi negeri (PTN) itu tadi siang.

Puluhan pendemo menggelar aksi mimbar bebas, berkenaan kunjungan Presiden RI ke 7 ini. Demonstran meminta, pemerintah untuk merealisasi janji-janji transparansi dan percepatan pengelolaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun yang hingga kini berjalan di tempat. Disamping itu, para mahasiswa juga menuntut penyelesaian konflik agraria di Aceh.

Puluhan mahasiswa Unimal menggelar aksi demo, menyambut kunjungan Jokowidodo ke Lhokseumawe, Selasa (26/3)

Ketua BEM Unimal Lhokseumawe, Royhan dalam orasinya mendesak pemerintah, segera merealisasi KEK Arun serta meminta untuk menunjuk pemerintah Aceh, sebagai penyeleksi direktur KEK.

“Kami menduga pemerintah pusat, hanya asal tunjuk direktur pengelola KEK Arun. Sehingga yang ditunjuk bukanlah orang berkompeten di bidang bisnis. Kami mau mengusulkan, supaya kewenangan untuk menyeleksi calon direktur, dilimpahkan ke pemerintah Aceh, lalu ditetapkan oleh pemerintah pusat,” ungkapnya dalam orasi yang berapi-api.

Para pendemo itu, juga membentangkan spanduk untuk merefleksikan tuntutan mereka. Pantauan Metro Aceh tadi siang, disela kampanye paslon 01 ini tadi siang. Sejumlah perwakilan mahasiswa, sempat menemui Jokowi serta mengundang capres petahana itu supaya datang ke gerbang Unimal, guna mendengarkan aspirasi mahasiswa.

Namun, Jokowi yang lagi menikmati santap siang di kawasan Krueng Geukueh, dikabarkan tidak berkenan mendengarkan uneg-uneg para mahasiswa tersebut. (Yola Novita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *