Pemkab Bireuen

Infokom Aceh

BIREUEN|METRO ACEH-Selama sepekan terakhir, warga dunia maya dihebohkan dengan isu “Bohlu Aceh” yang terus ramai diperbincangkan.

Uniknya, itu bukanlah bercerita tentang penganan khas Aceh, namun kejadian dan pengalaman pahit, yang dialami oleh seorang pemuda perantauan di Malaysia yang hendak menikahi gadis idamannya.

Karena begitu besar rasa cinta terhadap kekasihnya, pemuda bernama Yusuf rela mengirimkan uang RM 600 atau berkisar Rp 20 juta, kepada pemilik akun Facebook Liya Seuneudon atau Fina Susanda. Untuk biaya persiapan pernikahan dua sejoli ini, yang diduga berkenalan lewat media sosial.

Ironis, setelah mentranfer uang ternyata si gadis asal Aceh Utara ini, memblokir hubungan pertemanan dengan Yusuf. Sehingga, pemuda ini gigit jari dan tidak tahu lagi kemana “Boh Hatee” pergi. Lalu, kisah itu diungkap oleh korban dengan akun Facebook Yusuf Yusuf.

Dalam hubungan percakapan via inbox aplikasi Masseger, si gadis ini diketahui meminta uang kepada lelaki, dengan dalih untuk membeli persiapan pesta pernikahan. Lalu, sang kekasih pujaan hati, juga mendesak mengirimkan uang secepatnya, karena hendak membuat kue bolu untuk dijual dan dititip di lima warung.

“Ynk, meusee ikirem peng, ikirem beu leubeeh bacut ynk, adk inak pget kuweh, na 5 boh kide ka iyu puduk kuweh bolu adk…beuh. Jadi adk galak ih…sbab geu pgah lee mak pih geu yu pduk aju sbab mangat hhha (yang kalau kirim uang, kirim lebih sikit ya, karena adik mau buat kue, ada lima warung minta dititipkan kue bolu adek,,yaa,,jadi adik suka sebab mamak suruh taruk terus karena enak)

Postingan kekesalan yang dilampiaskan pada Grup Anak Rantau Aceh Malaysia (GARAM), sontak menuai reaksi netizen Aceh. Banyak diantaranya sedih, kesal serta menertawakan kejadian yang dialami Yusuf, karena dianggap telah tergoda oleh wanita, namun ternyata menipunya.

Akibatnya, sepekan terakhir isu ini menjadi trending topik di jagad maya, dan seolah tak berhenti dibahas oleh komunitas grup yang berkompoisi ribuan akun media sosial itu.

Seperti status Facebok Jacky Pora yang menulis di beranda “Pidie menyapa..

Kiban le rasa bolu 20 juta nyan..
Bak sagoe kamoe hana dipnan yum bohlu..”. Lalu, akun Ridha Van Houten Diagoe “Bohlu Paken Meuhai That Ka Jino Sampek 20 juta, pu kelebihan nya”.

Selain itu, T Awi Lam Karuna juga ikut menulis status “Korban Kue bolu adek Seuneudon. Abang Malaya duit melayang 20 juta”. Kemudian, ada lagi Hendry memposting “So mangat boluu dx liya Seuneudon ngon ade kak nah Mereudu”, serta bermacam komentar lain yang diposting ke dalam grup Facebook tersebut.(Bahrul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *