Kodim

BIREUEN|METRO ACEH-Guna mempersiapkan diri mengabdi ke tengah masyarakat, guna mengimplementasi skill dan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama study, 240 mahasiswa berbagai prodi di Universitas Almuslim Peusangan, melaksanakan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) pada 48 desa dalam Kabupaten Bireuen.

Ratusan peserta KKM angkatan XVII tahap II itu, diserahterimakan kepada pemerintah daerah, di halaman Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Bireuen Cot Gapu, Kamis (7/2). Selanjutnya akan memulai kegiatan pengabdian di desa-desa dalam wilayah itu.

Sekda Bireuen Ir Zulkifli,Sp memberikan arahan | Rahmat Hidayat

Prosesi penyerahan dilakukan Wakil Rektor III Umuslim, Ir Saiful Huri M.Si dan diterima oleh Sekdakab Bireuen, Ir Zulkifli Sp, ditandai penyematan tanda peserta secara simbolis.

Pada kesempatan itu, Zulkifli berharap agar seluruh peserta KKM yang turun ke desa, hingga 15 Maret mendatang dapat mengabdi membangun pedesaan, serta memberi konstribusi berarti bagi warga, melalui ilmu dan ketrampilan yang dimiliki.

“Kami minta adik-adik mahasiswa dapat menjadi katalisator, yang memiliki daya ungkit menggerakkan masyarakat. Selain juga memotivasi supaya warga desa, bisa melakukan banyak hal yang bermanfaat bagi pembangunan,” sebut Zulkifl

Sekda Ir Zulkifli,Sp menyerahkan tanda peserta KKM Umuslim Peusangan | Rahmat Hidayat

Ditegaskannya, para mahasiswa harus mampu mendorong berkembangnya sektor usaha masyarakat di lokasi KKM. Termasuk, berkoordinasi dengan instansi terkait di Pemkab Bireuen, apabila butuh dukungan pemerintah daerah.

Rektor Umuslim, Dr H Amiruddin Idris SE M.Si melalui Wakil Rektor III Umuslim, Ir Saiful Huri, MSi mengatakan, KKM itu dilaksanakan secara kontinyu setiap tahun. Diikuti 400 hingga 1.000 peserta, kecuali kali ini yang lebih sedikit, sebab semester pendek dan diikuti mahasiswa yang telah selesai mata kuliah.

Melalui pengabdian di masyarakat, ada program pedesaan bisa dikerjakan bersama para peserta KKM,:Kami harap mahasiswa mampu mengakomodir potensi desa, guna dikembangkan menjadi program kerja,” pesan Rektor Umuslim melalui Wakil Rektor IIi.

Kepala Badan Pelaksana KKM Umuslim, Drs Syarkawi, MEd menyebutkan, seluruh peserta berjumlah 240 orang. Terdiri 179 perempuan dan 61 laki, dosen pembimbing lapangan 12 orang,”Mereka melaksanakan pengabdian pada 48 desa yang tersebar di tiga kecamatan.

Diantaranya Kecamatan Peudada, Peusangan Selatan dan Gandapura masing-masing 16 desa per kecamatan, dengan jumlah 5 peserta KKM disetiap desa.

“Setiba di desa hari ini akan dilakukan orientasi, mengenali desa dan keuchik, jumlah penduduk serta potensi yang ada. Lalu, berkoordinasi dengan dosen pembimbing lapangan, serta perangkat desa guna dikembangkan jadi peluang usaha bagi masyarakat. (Rahmat Hidayat)


DPRK Pidie Jaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *