by

Mahasiswa Jepang Selesai Kuliah Kelas Internasional di Umuslim

-NANGGROE-392 views

BIREUEN|METRO ACEH-Iwatsuki Shunichi, 21 tahun mahasiswa Nagoya Gakuin University Jepang, pulang ke negaranya, setelah menyelesaikan kuliah selama satu semester, melalui program pertukaran pelajar, di Universitas Almuslim Peusangan, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh.

Selain pemuda itu, mahasiswi asal negeri Sakura bernama Fukushima Kisae, hingga kini masih melanjutkan kuliahnya di perguruan tinggi swasta ini. Karena, memilih dua semester sekaligus belajar di kelas internasional.

Sekretaris Kantor Urusan Internasional (KUI) Umuslim Peusangan, Teuku Cut Mahmud Aziz S.Fil MA kepada awak media mengaku, meski hanya menjalani satu semester masa study, namun Iwatsuki Shunichi telah memberi kesan yang sangat baik, bagi para mahasiswa, dosen maupun civitas akademika Umuslim.

Wakil Rektor I dan jajaran bersama dua mahasiswa Jepang, yang mengikuti kelas internasional di Umuslim Peusangan, saat acara perpisahan kemarin sore.

Dia menuturkan, acara perpisahan dengan mahasiswa Jepang ini, digelar dalam suasana penuh keakraban kemarin sore, bersama civitas akademika di ruang rapat kampus Ampon Chik Peusangan.

Hal senada juga diungkapkan Kabag Humas Umuslim, Zulkifli M.Kom melalui selulernya, Rabu (30/1). Dia menjelaskan, Iwatsuki Shunichi hari ini telah kembali ke kampung halamannya, melalui bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Banda Aceh. Selanjutnya transit di Kuala Lumpur, kemudian ke Korea Selatan dan kembali ke Jepang.

Saat dimintai tanggapannya, setelah enam bulan mengikuti studi dan hidup di Aceh. Iwatsuki Shunichi mengaku memiliki pengalaman luar biasa dan mengesankan, berada dalam komunitas masyarakat muslim, serta mahasiswa Umuslim yang baik dan ramah.

Dengan bahasa Indonesia patah-patah, dia mengatakan niatnya untuk kembali setelah menyelesaikan pendidikannya kelak,”Saya senang tinggal di Aceh, saya ingin belajar lebih banyak tentang Islam dari masyarakat di sini. Orang yang saya temui baik dan ramah-ramah, selalu mau menyapa saat bertemu. Makanan yang sering saya makan, enak-enak sekali,” ujarnya sambil mengangguk-angguk. (Rahmat Hidayat)

Comment

News Feed