by

Abusyik Ajak Warga Galakkan Budaya Gotong Royong

-NANGGROE-432 views
Bupati Pidie Roni Ahmad alias Abusyik, menyerahkan alat gotong royong kepada masyarakat saat pembukaan BBGRM di Gampong Mesjid Jeurat Manyang Kecamatan Mutiara Timur, Senin (15/10) (Amir Sagita)

SIGLI|METROACEH-Bupati Pidie Roni Ahmad alias Abusyik mengajak semua elemen masyarakat, untuk terus menggalakkan kembali budaya gotong royong di seluruh pelosok desa. Khususnya, dalam membangun gampong yang dilandasi semangat kebersamaan serta rasa persatuan dan kesatuan.

Demikian disampaikan Abusyik saat membuka kegiatan Bulan Bhakti Gotong-royong Masyarakat (BBGRM) se Kabupaten Pidie, Senin (15/10) di Gampong ‎Mesjid Jeurat Manyang Kecamatan Mutiara Timur, Pidie.

Menurut dia, pembangunan di gampong sesungguhnya merupakan salah satu aspek pembangunan yang utama, serta menjadi prioritas. Dengan disahkannya undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, maka gampong diberikan kesempatan yang besar untuk mengurus tata pemerintahannya sendiri, serta melaksanakan pembangunan, untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat gampong.

BACA JUGA :   Menguak Dugaan Pungli Oleh Oknum Pejabat Pada Kontraktor Proyek Fisik di Bireuen

Ditandaskannya, peran besar dalam menata pembangunan oleh setiap gampong yang didukung dana desa. Tentu disertai pula dengan tanggung jawab besar. Sehingga, pemerintahan gampong harus menerapkan prinsip akuntabilitas, dalam pengelolaan anggaran yang tepat sasaran, efektif dan efesien serta mampu dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.

BACA JUGA :   Musrenbang Kecamatan Jeumpa : Jangan Anak Tirikan Kami

Menurut Abusyik, pembangunan nasional yang dilakukan dan melibatkan semua komponen bangsa, merupakan upaya untuk mrncapai tujuan kemakmuran bagi seluruh warga negara.

“Pemerintahan gampong merupakan ujung tombak pembangunan, sehingga harus dimplementasikan sebaik mungkin. Pengelolaan dana desa harus akuntabel, efektif dan efesien. Kita juga harus terus menggalakkan budaya gotong royong, sebagai warisan endatu yang perlu selalu dilestarikan,” ungkap Abusyik.

Untuk membina keluarga sejahtera secara langsung, dengan berbagai sasaran, maka PKK dituntut ikut terlibat aktif dalan memberdayakan masyarakat. Khususnya, melalui program tim penggerak PKK mulai tingkat kabupaten hingga pedesaan, serta Dasa Wisma di seluruh pelosok desa.

BACA JUGA :   Menguak Dugaan Pungli Oleh Oknum Pejabat Pada Kontraktor Proyek Fisik di Bireuen

Terkait gerakan PKK ini, Pemerintah Kabupaten Pidie melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, telah melaksanakan beberapa kegiatan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengurus PKK di tingkat kecamatan. Dalam acara tersebut Abusyik turut menyerahkan ‎alat gotong royong kepada masyarakat setempat.(MA 13).

Comment

News Feed