by

SMAN 2 Peusangan Dan AJI Gelar Pelatihan Jurnalistik

-NANGGROE-579 views

 

BIREUEN|METRO ACEH-Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bireuen bekerjasama dengan SMA Negeri 2 Peusangan, menggelar pelatihan jurnalistik dasar bagi puluhan siswa sekolah tersebut, serta beberapa SMA di wilayah timur kabupaten itu, Senin (24/9).

Kegiatan ini, merupakan bagian program kebijakan Kemendikbud RI untuk proses pemantapan literasi SMA melalui pelatihan jurnalistik program sekolah rujukan SMA 2018 yang diikuti puluhan peserta pelatihan.

Beberapa materi yang disampaikan oleh jurnalis senior di Bireuen, meliputi dasar-dasar jurnalistik, belajar menulis berita, tehnik liputan dan wawancara, serta trik mengupload berita ke media online. Lalu, praktik peliputan dan praktik menulis berita straight news.

BACA JUGA :   Disesalkan, Mesin Pemotong Padi Raib

Kepala SMAN 2, Drs Afriadi M.Pd dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk membekali para siswa, agar lebih memahami tentang jurnalistik. Sehingga, para peserta diharapkan dapat meningkatkan bakat dan minat, dibidang tulis menulis.

BACA JUGA :   Disesalkan, Mesin Pemotong Padi Raib

“Pelatihan jurnalistik ini, bagian program Kemendikbud, untuk pemantapan literasi SMA,” jelasnya.

 

Tiga pemateri pelatihan jurnalistik terdiri dari Yusmandin Idris (wartawan Serambi Indonesia) yang menyampaikan materi renting dasar jurnalistik. Bahrul Walidin (Pimpinan Redaksi Metro Aceh.Com) memberi materi seputar tehnik mencari dan menulis berita, serta Jamaluddin yang nebula wawasan siswa tentang cara memposting berita media online.

BACA JUGA :   Disesalkan, Mesin Pemotong Padi Raib

Ketua AJI Bireuen, Bahrul Walidin menyatakan apresiasi atas kepercayaan pihak sekolah dan panitia pelaksana kepada AJI, untuk memberikan materi jurnalistik untuk para pelajar SMA 2 serta beberapa sekolah lainnya di kawasan itu.

“Kami berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan, sehingga AJI Bireuen bisa bekerjasama untuk menyukseskan pelatihan jurnalistik bagi siswa SMA hari ini,” ujarnya. (MA 01)

Comment

News Feed