Dua Pemuda Inspiratif Kota Lhokseumawe Jadi Finalis Nasional - METRO ACEH

Dua Pemuda Inspiratif Kota Lhokseumawe Jadi Finalis Nasional

Dua Pemuda Inspiratif Kota Lhokseumawe Jadi Finalis Nasional

LHOKSEUMAWE|METRO ACEH.COM-Fadlon dan Cut Mirna Rita berhasil mendapatkan tiket final  Pemuda Inspiratif tingkat nasional, di Kota Serang Provinsi Banten November mendatang. Keduanya, dinyatakan menang dalam kompetisi usulan karya ilmiah yang digelar di lapangan Hiraq Kota Lhokseumawe, Sabtu-Munggu (8-9/9).

Informasi yang diperoleh Metro Aceh menyebutkan, gebyar Pemuda Ispiratif merupakan program Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. Kegiatan ini sekaligus jadi ajang seleksi bagi para pemuda nusantara, yang dinilai berperan dalam menginspirasi publik, melalui karya ilmiah inovatif yang bermanfaat untuk kepentingan masyatakat luas.

Kota Lhokseumawe menjadi lokasi penyelenggara pertama even nasional tersebut, lalu Kota Banda Aceh 15-16 September mendatang. Kegiatan ini, dilaksanakan pada delapan propinsi dan 16 kota di tanah air. Sebagai salah satu program Nawacita pemerintahan Jokowi.

Koordinator Pemuda Inspiratif 2018, Akbar Halim kepada Metro Aceh menjelaskan, kegiatan ini juga menjadi ajang berkunpulnya para pemuda dengan kategori WNI, berusia 16-30 tahun dari berbagai kota di Indonesia. Tujuannya, untuk mencari anak muda kreatuf dan berprestasi, melalui ide kreatif yang menginspirasi masyarakat. Sehingga, dapat memacu kreatifitas kalangan pemuda yang punya talenta, serta kreatifitas untuk terus berkembang.

Akbat Halim menuturkan,  kategori kompetisi ini meliputi bidang pariwisata, lingkungan, olahraga, musik, teknologi, wirausaha, pendidikan, kesehatan dan pertanian,”Setiap peserta bebas memberikan ide, konsep, gagasan ataupun produk yang berkaitan dengan kategori, yang diusulkan untuk dinilai oleh tim juri,” jelasnya.

Menurut dia, di Kota Lhokseumawe terpilih dua pemuda inspiratif, dari puluhan peserta lain yang mengajukan usulan dan ditetapkan sebagai juara. Sehingga, berhak menjadi finalis untuk mengikuti acara puncak final Pemuda Inspiratif di Kota Serang, November 2018.

Pantauan Metro Aceh, pelaksanaan Gebyar Pemuda Inspiratif yang dibuka oleh Walikota  Lhokseumawe, Suaidi Yahya Sabtu lalu. Turut dirangkai dengan aneka hiburan dan perlombaan bagi masyarakat di wilayah itu. Diantaranya, lomba mewarnai untuk anak usia dini, Yel-yel Pramuka, gerak jalan beregu dan jalan santai serta bermacam kegiatan lainnya yang menyediakan aneka hadiah menarik. (MA 01)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below