by

Rayakan HUT RI ke 73, Dayah Terpadu Az-Zanjabil Gelar Perkemahan Santri

-NANGGROE-1,005 views

BIREUEN|METRO ACEH.com-Puluhan santri Dayah Terpadu Az-Zanjabil, Desa Buket Teukuh, Kecamatan Kota Juang memiliki cara tersendiri merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 73. Lembaga Pendidikan Islam (LPI) ini, melaksanakan perkemahan di komplek pesantren modern itu, Jum’at-Minggu (17-19/8).

Kegiatan tersebut, dirangkai aneka lomba dan pembekalan, yang dipandu oleh para ustad (guru) dayah itu, guna melatih ketangkasan fisik dan mental bagi para santri. Juga menambah wawasan, serta meningkatkan rasa nasionalisme sejak remaja.

Selain bermalam bersama di kemah, seluruh peserta juga mengikuti berbagai perlombaan. Diantaranya, lomba baca puisi, tenis meja, bulutangkis, nasyid, berpidato, pencak silat, sepak bola, lari goni, bawa kelereng pake sendok serta aneka lomba lainnya.

Bahkan, pada hari terakhir peserta juga akan orientasi keliling desa, untuk dapat mengenal dekat lingkungan. Termasuk, rambu-rambu kepramukaan yang ada di wilayah itu.

Ustad Qamar salah seorang pengajar Dayah Terpadu Az-Zanjabil menerangkan, semua jenis kegiatan, bersifat membentuk karakter dan akhlak peserta didik di dayah itu,.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan HUT kemerdekaan. Supaya kita mengenang jasa pahlawan, yang berjuang demi masa depan bangsa. Jadi, kami tetap menumbuhkembangkan rasa nasionalisme, untuk kehidupan yang lebih baik,” ungkapnya.(MA 01)

BACA JUGA :   Disesalkan, Mesin Pemotong Padi Raib

Comment

News Feed